Breaking News:

Pilwu Serentak Selesai, Bupati Cirebon Ajak Masyarakat Bersatu Kembali

Pemilihan Kuwu atau kepala desa (Pilwu) Serentak 2021 selesai dilaksanakan pada Minggu (21/11/2021).

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: dedy herdiana
Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Bupati Cirebon, Imron Rosyadi (kiri), dan Wakil Bupati Cirebon, Wahyu Tjiptaningsih (kanan), saat memantau Pilwu Serentak di TPS 02 Desa Wanayasa, Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon, Minggu (21/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Pemilihan Kuwu atau kepala desa (Pilwu) Serentak 2021 selesai dilaksanakan pada Minggu (21/11/2021).

Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, mengatakan pesta demokrasi itu berjalan aman dan lancar meski sempat terjadi riak kecil yang berpotensi mengganggu kondusivitas.

Namun, menurut dia, kesigapan petugas gabungan TNI - Polri dan lainnya membuat hal tersebut dapat teratasi dan Kabupaten Cirebon tetap kondusif.

"Alhamdulillah, pemungutan suara Pilwu Serentak kemarin sukses tanpa ekses," kata Imron Rosyadi saat ditemui di Kantor Bupati Cirebon, Jalan Sunan Kalijaga, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Senin (22/11/2021).

Karenanya, pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat Kabupaten Cirebon yang sempat berbeda pilihan dalam Pilwu Serentak bersatu kembali.

Ia mengatakan, perbedaan pilihan kontestasi demokrasi merupakan hal yang biasa sehingga setelah momentum tersebut selesai segala perbedaan harus dibuang.

Bahkan, masyarakat juga harus mendukung program pembangunan kuwu terpilih untuk mewujudkan kemajuan desanya masing-masing.

"Kuwu terpilih juga harus merangkul seluruh warga desanya dan tidak boleh membeda-bedakan pendukungnya atau bukan saat pilwu," ujar Imron Rosyadi.

Imron menyampaikan, dalam setiap pemilihan pasti ada yang menang dan kalah sehingga semua pihak harus menerima apapun hasil pilwu.

Jika ada yang tidak puas terhadap hasil tersebut maka dapat menempuh jalur sesuai prosedur yang telah ditetapkan untuk menjaga kondusivitas wilayah.

"Dalam setiap kompetisi pasti ada yang menang dan kalah, sehingga pihak yang menang jangan jumawa, serta pihak yang kalah harus legawa," kata Imron Rosyadi.

Pilwu Serentak 2021 digelar di 135 desa di 38 kecamatan se-Kabupaten Cirebon dan diikuti 476 calon serta 74 di antaranya merupakan petahana.

Namun, hingga kini Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Cirebon berlum merilis daftar calon kuwu yang memenangkan kontestasi itu.

Baca juga: 3 Kompi Personel Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jabar Disebar ke TPS Pilwu Kabupaten Cirebon

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved