Breaking News:

Cuaca Ekstrem

WASPADA, BMKG Rilis Peringatan Dini Banjir Bandang Hari Ini untuk Jawa Barat, Sukabumi Salah Satunya

BMKG mengeluarkan peringatan waspada banjir/banjir bandang untuk beberapa wilayah di Jawa Barat

Editor: Machmud Mubarok
Dok. BPBD Garut
ILUSTRASI - Sedikitnya lima rumah terdampak rusak akibat luapan sungai Pelag di Kampung Cilegong, Desa Sukalilah, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (6/11/2021). 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Kabupaten Sukabumi M Rizal Jalaludin

TRIBUNCIREBON.COM, SUKABUMI - BMKG mengeluarkan peringatan waspada banjir/banjir bandang untuk beberapa wilayah di Jawa Barat, Jumat (19/11/2021).

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung, Teguh Rahayu mengatakan, berdasarkan prakiraan cuaca berbasis dampak (IBF) untuk dampak banjir/banjir bandang, berlaku tanggal 19 November 2021, potensi dampak dengan status waspada untuk wilayah Jawa Barat.

Diketahui, ada sejumlah wilayah yang berstatus waspada banjir di Jawa Barat, salah satunya adalah Kabupaten Sukabumi.

"Sukabumi (yakni) Cicurug, Cidahu, Kabandungan," kata Teguh dalam keterangannya.

Kendati demikian, BMKG mengimbau warga untuk waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan oleh kondisi cuaca ekstrem ini.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan oleh kondisi cuaca ekstrem awal musim penghujan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," ucapnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG telah merilis prakiraan cuaca untuk hari ini, Jumat (19/11/2021).

Pada laporannya terdapat enam kota yang berpotensi akan mengalami hujan petir yaitu Yogyakarta, Pontianak, Banjarmasin, Mataram, Kupang, dan Tarakan.

Kota lain juga berpotensi mengalami tetapi dengan volume ringan hinggan sedang antara lain Serang, Bengkulu, Jakarta Pusat, Palangkaraya, Mamuju, dan Makassar.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG Senin 8 November, Ini Kabupaten/Kota yang Alami Cuaca Ekstrem Termasuk di Jabar

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved