Breaking News:

Kesehatan

Ternyata Bersepeda Bisa Menyembuhkan Banyak Penyakit, Salah Satunya Diabetes

Mengendarai sepeda Anda secara teratur adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi risiko masalah kesehatan

Penulis: MG Cirebon | Editor: Machmud Mubarok
Ternyata Bersepeda Bisa Menyembuhkan Banyak Penyakit, Salah Satunya Diabetes
net
Ilustrasi sepedah

TRIBUNCIREBON.COM - Untuk menjadi bugar dan sehat, Anda harus aktif secara fisik. Aktivitas fisik secara teratur dapat membantu melindungi Anda dari penyakit serius seperti obesitas, penyakit jantung, kanker, penyakit mental, diabetes, dan radang sendi.

Mengendarai sepeda Anda secara teratur adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi risiko masalah kesehatan yang terkait dengan gaya hidup yang tidak banyak bergerak.

Bersepeda adalah olahraga yang sehat dan berdampak rendah yang dapat dinikmati oleh orang-orang dari segala usia, dari anak kecil hingga orang dewasa yang lebih tua. Hal ini juga menyenangkan, murah dan baik untuk lingkungan.

Bersepeda Dapat Menyembuhkan Beberapa Penyakit Seperti:

Obesitas dan pengendalian berat badan
Melansir dari Betterhealthchannel.com, bersepeda adalah cara yang baik untuk mengontrol atau mengurangi berat badan, karena meningkatkan tingkat metabolisme Anda, membangun otot dan membakar lemak tubuh.

Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, bersepeda harus dikombinasikan dengan rencana makan yang sehat. Bersepeda adalah bentuk latihan yang nyaman dan Anda dapat mengubah waktu dan intensitas – itu dapat dibangun secara perlahan dan bervariasi sesuai dengan Anda.

Penelitian menyarankan Anda harus membakar setidaknya 8.400 kilojoule (sekitar 2.000 kalori) seminggu melalui olahraga. Bersepeda yang stabil membakar sekitar 1.200 kilojoule (sekitar 300 kalori) per jam.

Jika Anda bersepeda dua kali sehari, kilojoule yang terbakar akan segera bertambah. Penelitian di Inggris menunjukkan bahwa bersepeda setengah jam setiap hari akan membakar hampir lima kilogram lemak selama setahun.

Penyakit kardiovaskular (stroke, tekanan darah tinggi dan serangan jantung)
Bersepeda secara teratur merangsang dan meningkatkan jantung, paru-paru dan sirkulasi, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Bersepeda memperkuat otot jantung Anda, menurunkan denyut nadi istirahat dan mengurangi kadar lemak darah. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang bersepeda ke tempat kerja memiliki paparan polusi dua hingga tiga kali lebih sedikit daripada pengguna mobil, sehingga fungsi paru-paru mereka meningkat. Sebuah penelitian di Denmark yang dilakukan selama 14 tahun dengan 30.000 orang berusia 20 hingga 93 tahun menemukan bahwa bersepeda secara teratur melindungi orang dari penyakit jantung.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved