Breaking News:

Penyakit Pilek

Cara untuk Mengobati dan Mencegah Pilek yang Perlu Kamu Ketahui, Ternyata Antibiotik Tak Efektif

Pilek adalah infeksi saluran pernapasan atas yang disebabkan oleh virus. Pilek menyebar ketika seseorang yang sakit bersin atau batuk.

Penulis: MG Cirebon | Editor: Machmud Mubarok
Google
ilustrasi pilek 

TRIBUNCIREBON.COM - Pilek adalah infeksi saluran pernapasan atas yang disebabkan oleh virus. Pilek menyebar ketika seseorang yang sakit bersin atau batuk, mengirimkan tetesan berisi virus terbang di udara.

Anda bisa sakit jika menyentuh permukaan (seperti meja atau gagang pintu) yang baru saja dipegang oleh orang yang terinfeksi dan kemudian menyentuh hidung, mulut, atau mata Anda. Anda paling menular dalam dua hingga empat hari pertama setelah Anda terpapar virus flu.

Melansir dari Healthline.com, karena pilek adalah infeksi virus, antibiotik tidak efektif untuk mengobatinya.

Beberapa orang menggunakan pengobatan alami, seperti seng, vitamin C, atau echinacea, untuk mencegah atau meredakan gejala pilek. Buktinya beragam tentang apakah mereka bekerja.

Sebuah studi tahun 2015 di BMC Family Practice menemukan bahwa tablet hisap seng dosis tinggi (80 miligram) dapat mempersingkat durasi pilek jika diminum dalam waktu 24 jam setelah menunjukkan gejala.

Baca juga: 6 Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Diabetes Tipe 2, Salah Satunya Remaja Kini Jadi Penderita

Baca juga: 13 Cara Mudah dan Efektif Menurunkan Risiko Tekanan Darah Tinggi, Tak Perlu Obat-obatan dari Dokter

Vitamin C tampaknya tidak mencegah pilek, tetapi jika Anda meminumnya secara konsisten, vitamin C dapat mengurangi gejala Anda, menurut ulasan Cochrane 2013.

Echinacea belum ditampilkan untuk membantu mencegah atau mengobati pilek. Sebuah studi tahun 2017 di BMJ menemukan vitamin D membantu melindungi dari pilek dan flu.

Pilek biasanya hilang dalam 7 hingga 10 hari.

Anda dapat menemui dokter jika:

- pilek Anda belum membaik dalam waktu sekitar seminggu
- kamu mulai demam tinggi
- demammu tidak turun
- Anda mungkin memiliki alergi atau infeksi bakteri yang memerlukan antibiotik, seperti sinusitis atau radang tenggorokan. Batuk yang mengganggu juga bisa menjadi tanda asma atau bronkitis

Cara Mencegah Pilek

- Penghindaran
Karena pilek sangat mudah menyebar, pencegahan terbaik adalah menghindarinya. Jauhi siapa pun yang sakit. Jangan berbagi peralatan atau barang pribadi lainnya, seperti sikat gigi atau handuk. Berbagi berjalan dua arah — saat Anda sakit pilek, tetap di rumah.

- Kebersihan yang baik
Praktikkan kebersihan yang baik. Cuci tangan Anda sesering mungkin dengan air panas dan sabun untuk menghilangkan kuman yang mungkin Anda bawa di siang hari atau gunakan pembersih tangan berbasis alkohol.

- Jauhkan tangan Anda dari hidung, mata, dan mulut saat belum dicuci. Tutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin. Selalu cuci tangan Anda setelahnya.

Sangat penting untuk mengadopsi kebiasaan sehat untuk mencegah kuman pilek. Anda harus selalu memastikan Anda cukup tidur, makan banyak buah dan sayuran, berolahraga, dan mengelola stres Anda selama musim hujan dan seterusnya.

[Nathanael Angga Bagus Kuncoro]

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved