Breaking News:

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

13 Cara Mudah dan Efektif Menurunkan Risiko Tekanan Darah Tinggi, Tak Perlu Obat-obatan dari Dokter

Tekanan darah tinggi merupakan risiko utama penyakit jantung dan stroke. Berikut 17 cara efektif menurununkan tekanan darah tinggi.

Penulis: MG Cirebon | Editor: Machmud Mubarok
TRIBUNNEWS.COM
Periksa tekanan darah secara rutin untuk mendeteksi secara dini penyakit hipertensi. 

TRIBUNCIREBON.COM - Tekanan darah tinggi sering tidak memiliki gejala, tetapi merupakan risiko utama penyakit jantung dan stroke. Penyakit ini juga merupakan penyebab umum kematian di Indonesia. 

Tekanan darah Anda tergantung pada seberapa banyak darah yang dipompa oleh jantung Anda, dan seberapa besar hambatan yang ada terhadap aliran darah di arteri Anda. Semakin sempit arteri Anda, semakin tinggi tekanan darah Anda.

Tekanan darah lebih rendah dari 120/80 mm Hg dianggap normal. Tekanan darah yang 130/80 mm Hg atau lebih dianggap tinggi.

Baca juga: Bawang Putih Ternyata Dahsyat untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Jika angka Anda di atas normal tetapi di bawah 130/80 mm Hg, Anda termasuk dalam kategori tekanan darah tinggi. Ini berarti Anda berisiko terkena tekanan darah tinggi.

Kabar baik tentang tekanan darah tinggi adalah Anda dapat membuat perubahan untuk mengurangi jumlah Anda secara signifikan dan menurunkan risiko Anda — tanpa memerlukan obat-obatan.

Berikut adalah 13 cara efektif untuk menurunkan tingkat tekanan darah Anda:

1. Perbanyak aktivitas dan olahraga
Mengutip dari Healthline.com, sebuah meta-analisis dari 65 penelitian menunjukkan bahwa latihan aerobik dan resistensi dapat secara signifikan menurunkan tekanan darah, terutama untuk pria.

Saat Anda secara teratur meningkatkan detak jantung dan pernapasan Anda, seiring waktu jantung Anda menjadi lebih kuat dan memompa dengan sedikit usaha. Ini mengurangi tekanan pada arteri Anda dan menurunkan tekanan darah Anda.

Berapa banyak aktivitas yang harus Anda perjuangkan?

Sebuah laporan tahun 2019 oleh American College of Cardiology dan American Heart Association menyarankan aktivitas fisik intensitas sedang hingga kuat untuk sesi 40 menit, tiga hingga empat kali per minggu.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved