Breaking News:

Ratusan Rider BMX Freestyle se-Jabar Unjuk Gigi di Pandapa Paramartha, Ada Hadiah Rp 22,75 Juta

peserta mengikuti Invitasi Olahraga Ekstrem BMX Freestyle Tingkat Jawa Barat 2021 sekaligus sebagai ajang silaturahmi

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com/Ahmad Ripai
Ratusan peserta mengikuti Invitasi Olahraga Ekstrem BMX Freestyle Tingkat Jawa Barat 2021, di Lapangan Pandapa Paramartha, Kuningan, Jawa Barat, Selasa (16/11/2021). 

Laporan Kontributor Kuningan Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Ratusan peserta mengikuti Invitasi Olahraga Ekstrem BMX Freestyle Tingkat Jawa Barat 2021, di Lapangan Pandapa Paramartha, Kuningan, Jawa Barat, Selasa (16/11/2021).

Pelaksanaan invitasi yang  diadakan tiap tahun oleh Dispora Jawa Barat bekerja sama dengan KORMI, dan Asosiasi BMX Indonesia ini sekaligus sebagai ajang silaturahmi.

Terlebih dalam kegiatan ini mengenalkan sejumlah potensi wisata di Kuningan, sebab dalam pelaksanaannya Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan bertanggung jawab dalam pelaksanaan sebagai panitia lokal.

"Invitasi ini mengambil tema BMX Bersatu Mendukung Jabar Juara Menuju Indonesia Bugar. Karena Olahraga Ekstrim ini perlu dikenalkan eksistensinya kepada masyarakat. Invitasi BMX Freestyle ini juga untuk memfasilitasi kreativitas anak muda agar terhindar dari hal negatif," ujar Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Jabar, Dadang Abdulrahman didampingi Kadispora Kuningan, Toto Toharudin.

Baca juga: Bupati Cantik Karawang Bantah Daerahnya Termasuk Wilayah Kemiskinan Ekstrem di Jabar, Begini Katanya

Ratusan peserta mengikuti Invitasi Olahraga Ekstrem BMX Freestyle Tingkat Jawa Barat 2021, di Lapangan Pandapa Paramartha, Kuningan, Jawa Barat, Selasa (16/11/2021).
Ratusan peserta mengikuti Invitasi Olahraga Ekstrem BMX Freestyle Tingkat Jawa Barat 2021, di Lapangan Pandapa Paramartha, Kuningan, Jawa Barat, Selasa (16/11/2021). (TribunCirebon.com/Ahmad Ripai)

Selain sebagai unjuk kebolehan BMX Freestyle yang digelar rutin di lokasi yang berbeda, lanut Dadang, kegiatan ini untuk mengasah skill dan mental para Rider BMX sehingga bisa berprestasi.

"Ya Olahraga BMX Freestyle ini perlu dikenalkan pada masyarakat dan para peserta yang datang berbeda daerah, sekaligus sebagai pelatihan mental dan skli. Nah, regenerasi olahraga ekstrem ini terlihat ada dua rider asal Kabupaten Kuningan yang berusia 6 tahun, artinya olahraga ini bisa diterima masyarakat juga, katanya.

Sebagai imbalan terhadap peserta, kata dia mengaku bahwa Panitia Invitasi Olahraga Ekstrem menyediakan hadiah bagi para juara freestyle.

"Untuk hadiah itu ada uang tunai sejumlah total Rp 22,75 juta, trofi dan piagam penghargaan," katanya.

Perwakilan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Jabar, Dedi Kenedi, menyebut pada cabang olahraga ekstra sepeda ini dikenal ada dua, yakni BMX Freestyle dan Push Bike (yang saat ini baru muncul).

"Ada dua kategori, yaitu Freestyle dan Push Bike. Melihat kegiatan ini dilaksanakan, tentu sebagai wujud kreativitas anak muda yang tidak boleh dibatasi, kita harus fasilitasi mereka selama itu hal positif," katanya.

Di tempat yang sama, Bupati Kuningan, Acep Purnama menyambut baik pelaksanaan Invitasi Olahraga Ekstrim yang difasilitasi Dispora Jabar dan Disporapar Kabupaten Kuningan.

"Kita akan coba nanti menggelar agenda olahraga ekstrem ini kalau bisa 3 kali dalam setahun. Kemudian, kepada para rider BMX Freestyle agar tetap memperhatikan keselamatan dalam beraksi. Rider jangan melulu mengejar prestasi, tapi alat keselamatan juga harus dilengkapi," katanya.  (*)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved