Breaking News:

Cara menyembuhkan Pilek

Puasa Dapat Menyembuhkan Pilek dan Flu, Fakta atau Mitos? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Banyak orang mengatakan bahwa puasa selama membantu tubuh Anda sembuh. Banyak juga yang mengatakan sebaliknya.

Penulis: MG Cirebon | Editor: Machmud Mubarok
Puasa Dapat Menyembuhkan Pilek dan Flu, Fakta atau Mitos? Ini Penjelasan Ilmiahnya
Google
Fakta Atau Mitos

TRIBUNCIREBON.COM - Banyak orang mengatakan bahwa puasa saat sedang sakit bisa membantu tubuh kita sembuh. Yang lain mengatakan bahwa makan memberi tubuh Anda bahan bakar yang dibutuhkan untuk pulih dengan cepat.

Artikel ini mengeksplorasi apakah puasa memiliki manfaat terhadap flu/pilek atau tidak.

Bagaimana Puasa Mempengaruhi Sistem Kekebalan Tubuh Anda?

Melansir dari Healthline.com Puasa memaksa tubuh Anda untuk mengandalkan cadangan energinya untuk mempertahankan fungsi normal.

Simpanan pilihan pertama tubuh Anda adalah glukosa, yang sebagian besar ditemukan sebagai glikogen di hati dan otot Anda.

Baca juga: INILAH Bacaan Doa dan Niat Puasa Senin Kamis serta Mengapa Amalan Sunnah Itu Begitu Istimewa

Baca juga: 10 Keutamaan Puasa Asyura 10 Muharram 1443 Hijriyah, Rasulullah SAW Minta Agar Diampuni Dosa Setahun

Setelah glikogen Anda habis, yang umumnya terjadi setelah 24-48 jam, tubuh Anda mulai menggunakan asam amino dan lemak untuk energi.

Menggunakan lemak dalam jumlah besar sebagai sumber bahan bakar menghasilkan produk sampingan yang disebut keton, yang dapat digunakan tubuh dan otak Anda sebagai sumber energi. Menariknya, satu keton tertentu -- diamati bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh.

Faktanya, para peneliti di Yale School of Medicine mengamati bahwa mengekspos sel-sel kekebalan manusia ke BHB dalam jumlah yang Anda harapkan akan ditemukan dalam tubuh setelah 2 hari puasa menghasilkan respons peradangan yang berkurang.

Selanjutnya, penelitian terbaru pada tikus dan manusia menunjukkan bahwa puasa selama 48-72 jam juga dapat mendorong daur ulang sel-sel kekebalan yang rusak, memungkinkan regenerasi sel-sel yang sehat.

Penting untuk disebutkan bahwa cara yang tepat di mana puasa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh belum sepenuhnya dipahami. Lebih banyak studi diperlukan.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved