Breaking News:

BCA dan Perdami Gelar Operasi Katarak Selama Tiga Hari di Indramayu, Gratis Tanpa Dipungut Biaya

Para penderita katarak di Kabupaten Indramayu akhirnya bisa mendapat pengobatan operasi secara gratis, Selasa (16/11/2021).

Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Para penderita katarak mendapat pengobatan gratis yang digelar BCA dan Perdami di RS MM Indramayu, Selasa (16/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Para penderita katarak di Kabupaten Indramayu akhirnya bisa mendapat pengobatan operasi secara gratis, Selasa (16/11/2021).

Operasi tersebut sengaja digelar PT Bank Central Asia Tbk (BCA) yang berkolaborasi dengan Seksi Penanggulangan Buta Katarak Perdami (SPBK) Pusat di Rumah Sakit MM Kabupaten Indramayu selama tiga hari berturut-turut.

Mulai dari tanggal 15 sampai dengan 17 November 2021, masyarakat bisa datang dan mendapat pengobatan katarak secara gratis di sana.

Baca juga: Keterisian Tempat Tidur di RSDC Wisma Atlet Bisa Ditekan, Pasien Covid-19 Ternyata Meningkat

Berdasarkan data dari Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RAAB), pada tahun 2014-2016, angka kebutaan di Indonesia diketahui mencapai 3 persen.

Sebanyak 81 persen di antaranya disebabkan oleh katarak.

EVP CSR BCA, Inge Setiawati mengatakan, menyikapi kondisi itu, harus menjadi tanggung jawab bersama untuk mencegah semakin tingginya kasus kebutaan.

"Katarak bukanlah penyakit yang bisa dianggap remeh, butuh pencegahan dan juga penanggulangan yang serius agar angka kebutaan di Indonesia pun tidak meningkat," ujar dia kepada Tribuncirebon.com.

Baca juga: Gala Sky Nempel Terus ke Fuji Adik Bibi Ardiansyah, Anak Vanessa Angel Itu Nurut ke Tantenya

Baca juga: UPDATE Kasus Covid-19: Majalengka Masuk Level 2 PPKM, Tak Ada Lagi Zona Merah di 26 Kecamatan

Masih disampaikan Inge Setiawati, banyak masyarakat yang menderita katarak, namun mereka tidak mengobati penyakitnya karena terkendala biaya pengobatan.

Oleh karenanya, operasi katarak gratis yang digelar BCA tersebut diharapkan bisa dapat membantu agar penderitanya bisa segera sehat kembali.

"Hari ini di Indramayu kami mentargetkan sebanyak 150 pasien bisa dioperasi katarak melalui penyelenggaraan kegiatan bakti sosial ini,” ujar dia.

Inge Setiawati mengatakan, BCA sudah bersinergi dengan Perdami sejak 2001 dan berhasil melakukan operasi katarak terhadap sebanyak 5.969 pasien.

Selain pengobatan gratis, ada pula pemberian dukungan berupa penyediaan alat-alat operasi katarak serta untuk upaya percepatan pemberantasan buta katarak.

“Kami berharap aksi ini dapat memberikan nilai positif dan mengajak seluruh lini dan masyarakat agar bahu membahu dalam membantu sesama yang membutuhkan,” ujar dia.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved