Breaking News:

Status PPKM Kota Cirebon Dipastikan Turun ke Level 1, Sekda: Tetap Patuhi Prokes

Status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Cirebon dipastikan turun ke level satu.

Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Sekda Kota Cirebon, Agus Mulyadi 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Cirebon dipastikan turun ke level satu.

Sekda Kota Cirebon, Agus Mulyadi, mengatakan, hal itu berdasarkan hasil evaluasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI pada 11 November 2021.

Menurut dia, dalam evaluasi tersebut Kemenkes RI menilai tracing dan capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Cirebon memadai.

Baca juga: Sekda Sebut Prokes Warga Kota Cirebon Mengendur, Banyak Warga Beraktivitas Tak Pakai Masker

"Itu dari data dashboard Kemenkes RI yang diperbarui setiap hari," kata Agus Mulyadi saat ditemui di Balai Kota Cirebon, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Senin (15/11/2021).

Ia mengatakan, selama 20 hari terakhir angka bed occupancy ratio (BOR), kematian pasien, positivity rate, dan penyebaran kasusnya juga rendah.

Selain itu, jangkauan tracing di Kota Cirebon juga tergolong memadai, yakni mencapai 14,85 dari setiap kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

"Dari indikator-indokator tersebut, Kota Cirebon dinilai layak untuk menurunkan PPKM dari level dua ke level satu," kata Agus Mulyadi.

Agus menyampaikan, dari hasil evaluasi Kemenkes RI terdapat tiga daerah di Jawa Barat yang PPKM-nya menurun ke level satu.

Di antaranya, Kota Cirebon, Kota Banjar, dan Kabupaten Pangandaran. Sementara daerah lainnya masib berstatus PPKM level dua dan level tiga.

Baca juga: Cegah Penularan Covid-19, Siswa Diimbau Taat Prokes di Dalam dan Luar Sekolah

Namun, pihaknya mengingatkan masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan meski level PPKM Kota Cirebon telah menurun.

Dari mulai memakai masker saat keluar rumah, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan orang sekitar, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.

"Kami mohon prokesnya tetap dipatuhi, karena pandemi Covid-19 belum berakhit walaupun Kota Cirebon menerapkan PPKM level satu," ujar Agus Mulyadi.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved