Breaking News:

Kesehatan

Sering Disepelekan, Padahal Kebiasaan Ini Bisa Jadi Pertanda Anda Terkena Diabetes

Dokter juga dapat meresepkan obat kepada pasien diabetes tipe 2 ketika penanganan dengan menerapkan pola hidup sehat

Obat Diabetes Melitus Alami Terbukti Ampuh
Ilustrasi luka diabetes 

TRIBUNCIREBON.COM - Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula (glukosa) darah. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia.

Glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh. Jika diabetes tidak dikontrol dengan baik, dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.

Dilansir dari sebuah artikel alodokter.com yang sudah ditinjau oleh dr Tjin Willy, dijelaskan bahwa, Kadar gula dalam darah dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas, yaitu organ yang terletak di belakang lambung. Pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh. Tanpa insulin, sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.

Baca juga: Cara Menurunkan Gula Darah, dr Zaidul Akbar Beri Saran Penderita Diabetes Konsumsi Rempah Ini

Baca juga: Minum Air Rendaman Bawang Putih dan Herbal Ini, Ternyata Mampu Atasi Diabetes dan Tingkatkan Imun

Jenis-Jenis Diabetes
Secara umum, diabetes dibedakan menjadi dua jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 terjadi karena sistem kekebalan tubuh penderita menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin.

Hal ini mengakibatkan peningkatan kadar glukosa darah, sehingga terjadi kerusakan pada organ-organ tubuh. Diabetes tipe 1 dikenal juga dengan diabetes autoimun. Pemicu timbulnya keadaan autoimun ini masih belum diketahui dengan pasti. Dugaan paling kuat adalah disebabkan oleh faktor genetik dari penderita yang dipengaruhi juga oleh faktor lingkungan.

Diabetes tipe 2 merupakan jenis diabetes yang lebih sering terjadi. Diabetes jenis ini disebabkan oleh sel-sel tubuh yang menjadi kurang sensitif terhadap insulin, sehingga insulin yang dihasilkan tidak dapat dipergunakan dengan baik (resistensi sel tubuh terhadap insulin). Sekitar 90-95% persen penderita diabetes di dunia menderita diabetes tipe ini.

Selain kedua jenis diabetes tersebut, terdapat jenis diabetes khusus pada ibu hamil yang dinamakan diabetes gestasional. Diabetes pada kehamilan disebabkan oleh perubahan hormon, dan gula darah akan kembali normal setelah ibu hamil menjalani persalinan.

Berikut ini adalah beberapa gejala yang dapat dialami penderita diabetes tipe 2:

  • Mudah haus.
  • Sering buang air kecil, terutama malam hari.
  • Sering merasa lapar.
  • Tubuh terasa lelah.
  • Penglihatan kabur.
  • Berat badan turun.
  • Sulit sembuh ketika memiliki luka.
  • Terdapat beberapa bagian pada kulit yang menghitam.

Pada dasarnya gejala diabetes tipe 1 dan tipe 2 memiliki beberapa kesamaan. Namun, gejala diabetes tipe 2 cenderung membutuhkan waktu yang lebih lama untuk timbul. Bahkan, penderita diabetes tipe 2 berpotensi tidak merasakan gejala sampai terjadi komplikasi. Maka dari itu, akan lebih baik untuk melakukan pemeriksaan kadar gula darah secara rutin, terutama jika memiliki risiko tinggi.

Penyebab Diabetes Tipe 2
   
Pankreas memproduksi hormon insulin yang bertugas untuk membantu sel dalam tubuh mengubah zat gula (glukosa), yang didapat dari makanan atau dihasilkan hati, menjadi energi. Diabetes tipe 2 terjadi ketika sel tubuh tidak dapat menggunakan insulin sebagaimana mestinya.

Halaman
123
Tags
diabetes
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved