Breaking News:

Gandeng Mandiri Taspen, Pemkab Cirebon Dorong PNS Tetap Produktif di Masa Pensiun

Pemkab Cirebon mendorong pegawai negeri sipil (PNS) di Kabupaten Cirebon tetap produktif di masa pensiun.

Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Bupati Cirebon, Imron Rosyadi (ketiga kanan), saat membuka Sosialisasi Kewirausahaan dan Pembekalan PNS yang Memasuki Masa Purnabakti di Hall Hotel Apita, Jalan Tuparev, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Sabtu (13/11/2021) 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Pemkab Cirebon mendorong pegawai negeri sipil (PNS) di Kabupaten Cirebon tetap produktif di masa pensiun.

Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, meminta para PNS yang telah memasuki masa purnabakti untuk mempersiapkan diri dari sekarang.

Menurut dia, salah satu caranya ialah menjadi wirausahawan sehingga saat pensiun para PNS tersebut tetap produktif.

"Jadi pada masa pensiun nanti, ada aktivitas yang tetap bisa dilakukan," ujar Imron Rosyadi saat membuka Sosialisasi Kewirausahaan dan Pembekalan PNS yang Memasuki Masa Purnabakti di Hall Hotel Apita, Jalan Tuparev, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Sabtu (13/11/2021).

Baca juga: Reaksi Ganjar Pranowo Dikasih Kaos Bergambar Banteng Celeng dari Para Kader: Ngawur Wae

Ia mengatakan, Pemkab Cirebon telah bekerja sama dengan Bank Mandiri Taspen untuk membekali keterampilan wirausaha kepada PNS yang telah memasuki masa purnabakti.

Selain itu, pihaknya mencatat sebanyak 800 PNS di lingkungan Pemkab Cirebon akan memasuki masa pensiun pada tahun depan.

"Tapi, hanya 91 PNS yang akan masuk dan bertugas di lingkungan Pemkab Cirebon pada 2022 nanti," kata Imron Rosyadi.

Sementara Distribution Head 2 Bank Mandiri Taspen, R Afreza Sumidi, mengatakan, sejumlah mentor telah disiapkan untuk mengarahkan minat dan potensi PNS dalam berwirausaha.

Baca juga: Cara Mengecek Pengumuman Hasil SKD CPNS Tahap 2, Ada 330 Instansi Pusat dan Instansi Daerah

Baca juga: Komisi III DPRD Kota Cirebon Minta Dispora Tingkatkan Pembinaan Olahraga dan Kepemudaan

Nantinya, para mentor itu bakal memberikan pelatihan kewirausahaan bagi PNS yang sudah memasuki masa purnabakti sesuai potensinya.

"Sejauh ini, beberapa minat PNS dalam wirausaha, di antaranya, membuka usaha hidroponik, budaya ikan air tawar, dan budidaya jamur," ujar R Afreza Sumidi.

Afreza menyampaikan, pelatihan wirausaha itu pun diberikan secara gratis. Bahkan, jika berhasil maka mereka juga akan dibantu memasarkan produknya.

Selain itu, pihaknya juga siap memberikan bantuan modal wirausaha bagi PNS yang telah pensiun untuk memulai usahanya.

"Kalau modalnya ada, kami bantu pelatihannya, tapi jika tidak maka modalnya dibantu juga sehingga mereka menjadi pensiunan mandiri," kata R Afreza Sumidi.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved