Breaking News:

Program Makmur Pupuk Kujang Siap Tingkatkan Produktivitas Tebu di Jawa Barat

program yang dijalankan Pupuk Indonesia dan seluruh anak perusahaannya, termasuk Pupuk Kujang, tersebut juga melibatkan BUMN lainnya

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Machmud Mubarok
Foto ISTIMEWA
SVP Transformasi Bisnis Pupuk Kujang, Arlyza Eka Wijayanti, saat menyampaikan sambutan dalam FGD bersama petani tebu di salah satu hotel di Cirebon, Jumat (12/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Pupuk Kujang siap membantu para petani tebu meningkatkan produktivitasnya melalui Program Makmur.

SVP Transformasi Bisnis Pupuk Kujang, Arlyza Eka Wijayanti, mengatakan, melalui program itu petani tebu akan didampingi dari mulai akses permodalan, budidaya, asuransi, hingga pembelian hasil panen.

Menurut dia, program yang dijalankan Pupuk Indonesia dan seluruh anak perusahaannya, termasuk Pupuk Kujang, tersebut juga melibatkan BUMN lainnya, yakni PT RNI, Bank Himbara, Asuransi.

"Melalui program ini, kami upayakan meniningkatoan produktivitas dan keuntungan para petani tebu," ujar Arlyza Eka Wijayanti dalam FGD bersama petani tebu di salah satu hotel di Cirebon, Jumat (12/11/2021).

Baca juga: Hadapi Musim Tanam, Stok Pupuk Subsidi di Jawa Barat Capai 342 Persen, Melebihi Ketentuan Minimum

Baca juga: Hadapi Musim Tanam Rendeng, Kepala DKP3: Stok Pupuk di Majalengka Dijamin Cukup

Ia mengatakan, Pupuk Kujang akan memfasilitasi petani mendapatkan dukungan yang diperlukan dalam budidaya tebu.

Termasuk pupuk, pestisida, akses kerja sama pendanaan dengan perbankan, kerjasama offtaker, dan pendampingan dari hulu ke hilir.

Karenanya, Pupuk Kujang bakal memperkuat sinergi dengan PT PG Rajawali II untuk meningkatkan produktivitas dan rendemen tebu para petani.

"PG Rajawali II merupakan anak perusahaan Rajawali Nasional Indonesia (RNI) dan mempunyai pabrik gula yang siap mengolah tebu petani," kata Arlyza Eka Wijayanti.

Pihaknya juga telah membuat pupuk NPK khusus tebu yang mempunyai kandungan lengkap dan kini mulai banyak digunakan para petani tebu.

Ia berharap, penggunaan pupuk premium itu membuat petani tebu dan industri gula dalam negeri semakin berkembang serta kemabli berjaya seperti pada abad ke-19. 

Sementara Direktur Utama PT PG Rajawali II, Ardian Wijanarko, memastikan siap mendukung program Makmur dan menjadi offtaker dan mengolah tebu yang dihasilkan para petani di Cirebon.

"Kami siap bersinergi untuk membantu petani tebu demi meningkatkan produktivitas gula nasional," ujar Ardian Wijanarko.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved