Breaking News:

Jaga Ekosistem Laut, Puluhan Petugas Ditpolairud Polda Jabar Bersihkan Pantai Cirebon

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT ke-71 Polairud itu tampak diawali apel di kawasan Pelabuhan Cirebon.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Mumu Mujahidin
Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Wakil Direktur Polairud Polda Jabar, AKBP Budi Susarwo (kiri), bersama sejumlah personel saat memunguti sampah di bibir pantai Kawasan Pelabuhan Cirebon, Jumat (12/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Puluhan petugas Direktorat Polairud tampak membersihkan kawasan pesisir dan pantai di Kawasan Pelabuhan Cirebon, Jumat (12/11/2021).

Mereka terlihat memunguti sampah dedaunan dan plastik yang berserakan di sekitar bibir pantai kemudian memasukkannya ke dalam karung.

Sampah yang terkumpul itupun langsung dimuat ke truk untuk dibuang ke TPA Kopiluhur di Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT ke-71 Polairud itu tampak diawali apel di kawasan Pelabuhan Cirebon.

Wakil Direktur Polairud Polda Jabar, AKBP Budi Susarwo (kiri), bersama sejumlah personel saat memunguti sampah di bibir pantai Kawasan Pelabuhan Cirebon, Jumat (12/11/2021).
Wakil Direktur Polairud Polda Jabar, AKBP Budi Susarwo (kiri), bersama sejumlah personel saat memunguti sampah di bibir pantai Kawasan Pelabuhan Cirebon, Jumat (12/11/2021). (Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi)

Selanjutnya para petugas terlihat menyebar ke berbagai titik untuk membersihkan sampah di kawasan pesisir dan pantai.

Aksi bersih-bersih pantai juga tampak diikuti personel Satpolair Polres Cirebon Kota, Batalyon Arhanud-14/PWY, Dinas PUTR Kota Cirebon, dan lainnya.

Wakil Direktur Polairud Polda Jabar, AKBP Budi Susarwo, mengatakan, bersih-bersih pantai itu juga dilaksanakan di wilayah pesisir lainnya di Indonesia.

"Kegiatan ini digelar serentak di seluruh Indonesia untuk menjaga kelestarian ekosistem laut," kata Budi Susarwo saat ditemui seusai kegiatan.

Ia mengatakan, laut telah memberikan banyak manfaat bagi manusia, khususnya kalangan nelayan yang setiap harinya mencari ikan.

Baca juga: Alat Berat Kehabisan BBM, 30 Truk di Bandung Barat Belum Buang Sampah ke TPA Sarimukti

Pihaknya juga mengajak seluruh elemen masyarakat pesisir Jawa Barat untuk selalu menjaga kebersihan pantai dan laut.

Pasalnya, eberadaan pantai dan laut sangat penting, khususnya bagi warga Cirebon yang notabene berada di kawasan pesisir.

"Laut itu sudah memberi banyak manfaat buat kita, terutama bagi kalangan melayan sehingga harus dijaga kebersihannya," ujar Budi Susarwo.

Ia mengatakan, keberadaan sampah jelas mengancam kelestarian ekosistem laut. Terutama sampah plastik, karena tidak bisa diuraikan bahkan hingga 100 tahun sekalipun.

Selain itu, Susarwo juga mengajak agar masyarakat tidak membuang sampah ke waduk atau danau dan aliran sungai karena muaranya ke laut.

Ia menyampaikan, menjaga kelestarian ekosistem laut merupakan tanggung jawab semua pihak, karena telah memberikan banyak manfaat bagi manusia.

"Lingkungan yang bersih membuat kehidupan biota laut yang menjadi sumber penghasilan nelayan terjaga dan menjadi daya tarik bagi wisatawan," kata Budi Susarwo.

Baca juga: Menjelang HUT ke-71, Personel Ditpolairud Polda Jabar Sambangi Purnawirawan dan Warakawuri

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved