Breaking News:

Seekor Elang Jawa Kembali Diamankan BBKSDA Jabar, Satwa Liar yang Hampir Punah Ini Ditemukan Warga

Polhut KSDA XXII Cirebon BBKSDA Jabar, Ade Kurniadi Karim mengatakan, usia dari elang jawa ini masih remaja, yakni sekitar 4-6 bulan.

Penulis: Handhika Rahman | Editor: Mumu Mujahidin
Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Burung elang jawa saat hendak dievakuasi Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat di tempat praktik salah satu dokter hewan di Jalan Soekarno-Hatta Indramayu, Kamis (11/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat menyelamatkan satwa endemik burung elang jawa di Kabupaten Indramayu.

Satwa liar yang hampir punah dan dilindungi undang-undang itu awalnya ditemukan warga secara tidak sengaja di lokasi proyek tempatnya bekerja.

Elang yang memiliki nama latin Nisaetus bartelsi itu oleh warga lalu dilaporkan ke salah satu dokter hewan untuk kemudian diserahterimakan kepada BBKSDA Jabar.

Petugas Polisi Hutan (Polhut) KSDA XXII Cirebon BBKSDA Jabar, Ade Kurniadi Karim mengatakan, usia dari elang jawa ini masih remaja, yakni sekitar 4-6 bulan.

Burung elang jawa saat hendak dievakuasi Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat di tempat praktik salah satu dokter hewan di Jalan Soekarno-Hatta Indramayu, Kamis (11/11/2021).
Burung elang jawa saat hendak dievakuasi Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat di tempat praktik salah satu dokter hewan di Jalan Soekarno-Hatta Indramayu, Kamis (11/11/2021). (Tribuncirebon.com/Handhika Rahman)

"Kalau sudah dewasa matanya itu akan berwarna kekuningan, kalai ini matanya masih coklat karena masih remaja," ujar dia kepada Tribuncirebon.com di lokasi praktik salah satu dokter hewan di Jalan Soekarno-Hatta Indramayu, Kamis (11/10/2021).

Ade Kurniadi Karim mengatakan, hewan yang identik dengan lambang negara Republik Indonesia itu, kondisinya sehat saat ditemukan.

Warga yang menemukan langsung membawanya ke dokter hewan, sehingga hewan tersebut mendapat perawatan baik sebelum dievakuasi oleh BBKSDA Jawa Barat.

Dalam hal ini, elang jawa tersebut akan dibawa terlebih dahulu ke kandang transit Resor Cirebon.

Untuk kemudian dititip rawat kembali ke Pusat Konservasi Elang Kamojang di Kabupaten Garut.

Halaman
123
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved