Breaking News:

Rampak Genteng Bergema Lagi di Jatiwangi Majalengka, Ribuan Warga Kumpul di Eks Gedung Pabrik Gula

ribuan orang yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian Festival Rampak Genteng tersebut.

Penulis: Eki Yulianto | Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com/Eki Yulianto
Ribuan warga Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka berkumpul di kawasan ex Gedung Pabrik Gula (PG) Jatiwangi Majalengka dalam acara festival Rampak Genteng, Kamis (11/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Ribuan warga Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka berkumpul di kawasan ex Gedung Pabrik Gula (PG) Jatiwangi Majalengka dalam acara festival Rampak Genteng, Kamis (11/11/2021).

Pantauan Tribun di lokasi, ribuan orang yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian Festival Rampak Genteng tersebut.

Mereka membawa sendiri genteng lalu dibunyikan dengan cara dipukul menggunakan bambu.

Agar seirama, beberapa pemandu dikerahkan di sejumlah titik dengan salah satu pemandu utama berada di tengah-tengah peserta.

Peserta Rampak Genteng sendiri melibatkan warga sebagai perampak genteng, peniup suling tanah, penabuh tambur, penari, dan juga paduan suara yang bersatu dalam harmoni.

Baca juga: Pembangunan Jembatan Gantung Pramuka di Cirebon Pecahkan Dua Rekor Muri Sekaligus

Baca juga: Makam Covid-19 Ambles di TPU Cikadut Kota Bandung, Begini Penjelasan Distaru Terkait Penyebabnya

Adapun peserta yang akan terlibat dalam rampak genteng ini, antara lain pelajar sekolah, mahasiswa, guru dan dosen, buruh genteng, polisi, birokrat, ibu-ibu PKK, pemuda karang taruna, berbagai komunitas, serta kelompok paduan suara.

Festival Rampak Genteng tersebut merupakan rangkaian kegiatan tahun tanah yang mengusung tema Doa Tanah dan diinisiasi oleh komunitas Jatiwangi Art Factory (JAF).

Sudah sejak tahun 2012 lalu, festival digelar dengan jarak waktu tiga tahun sekali.

Pada Rampak Genteng yang pertama, Jatiwangi melibatkan 1.001 peserta.

Halaman
123
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved