Breaking News:

Festival Rampak Genteng

INI Sejarah Kemunculan Festival Rampak Genteng di Jatiwangi Majalengka, Bertahan Sampai Kini

Rampak Genteng adalah festival yang dibangun atas kerja sama atau gotong royong warga dan kolaborasi pentahelix di Kabupaten Majalengka.

Penulis: Eki Yulianto | Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com/Eki Yulianto
Para siswa di Kecamatan Jatiwangi berlatih persiapan pergelaran event Rampak Genteng Majalengka, Senin (8/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Pergelaran Festival Rampak Genteng di Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka bakal digelar hari ini, Kamis (11/11/2021).

Kegiatan tersebut akan digelar di ex Gedung Pabrik Gula (PG) Jatiwangi.

Dalam pelaksanaannya, panitia mengikutsertakan seluruh elemen masyarakat di Kecamatan Jatiwangi dalam mengenalkan kawasan produksi genting.

Baca juga: Dikira Dibawa Genderuwo di Pohon Beringin, Bocah 10 Tahun Ditemukan Wafat di Selokan, Hilang 6 Hari

Baca juga: Kasus Subang Tak Kunjung Beres, Hubungan Yosef & Danu Memanas, Pengacara: Tak Mungkin Danu Tersangka

Kendati demikian, protokol kesehatan secara ketat akan diterapkan yang mana seluruh peserta harus menyertakan surat vaksin.

Panitia Event Rampak Genteng, Ahmad Thian Vultan mengatakan, Festival Rampak Genteng adalah Festival Musik Keramik jilid ke-4.

Kata dia, festival tersebut dimulai pada 2012 lalu, yang dilakukan masyarakat Jatiwangi-Majalengka dengan memiliki peringatan besar yang dinamai Tahun Tanah.

"Peringatan yang pada mulanya berupaya mengidentifikasi ragam perihal tanah di Jatiwangi dan sekitarnya, yang telah berkembang menjadi pesta tiga tahunan yang selalu dirayakan," ujar Thian sapaan akrabnya, Kamis (11/11/2021).

Dia menjelaskan, Rampak Genteng adalah festival yang dibangun atas kerja sama atau gotong royong warga dan kolaborasi pentahelix di Kabupaten Majalengka.

Festival ini melahirkan ikrar Jatiwangi yang menjadi kesepakatan bersama warga Jatiwangi untuk menjaga martabat tanahnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved