Breaking News:

78 Desa di Kuningan Siap Gelar Pilkades, Kabid Pemdes Sebut Ada 1 Desa Calon Kades Perempuan Semua

dari 78 desa yang ikut pilkades, ada satu desa yang calon kadesnya perempuan semua. Jumlah peserta calon kades sebanyak tiga orang.

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Machmud Mubarok
Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Ilustrasi - Suasana pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Majalengka pada 22 Mei 2021 lalu 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Masa pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di sebanyak 78 desa yang tersebar di 29 kecamatan di Kabupaten Kuningan tinggal beberapa hari lagi. Berbagai tahapan persiapan calon hingga pengundian nomor calon kades tersebut sudah selesai.

"Iya, untuk jadwal pilakdes serentak kita laksanakan tanggal 28 November, beberapa hari lagi. Kemarin panitia Pilkades Kabupaten selesai melaksanakan pembagian nomor urut calon kades di masing - masing desa yang masuk dalam kegiatan Pilakdes nanti,"  kata Kabid Pemerintah Desa H Ahmad Faruk saat dihubungi ponselnya, Kamis (11/11/2021).

Menurut Ahmad Faruk, dari 78 desa yang ikut pilkades, ada satu desa yang calon kadesnya perempuan semua. Jumlah peserta calon kades sebanyak tiga orang.

Baca juga: Tahapan Pilkades di KBB Memanas, Tes Akademis Bikin Salah Satu Pendukung Balon Kades Protes

Baca juga: Makam Covid-19 Ambles di TPU Cikadut Kota Bandung, Begini Penjelasan Distaru Terkait Penyebabnya

"Untuk jumlah calon kades semua perempuan itu di Desa Setia Negara, Kecamatan Cilimus. Kalau total perempuan yang ikut bursa calon kades ada sebanyak 20 orang termasuk Desa Setia Negara," katanya.

Menyinggung soal tahapan sekarang, dia mengklaim bahwa semua desa yang hendak mengikuti Pilkades itu sedang melakukan pendataan calon pemilih tetap. Hal itu sesuai dengan jadwal tahapan dalam pelaksanaan Pilkades.

"Tahapan sekarang masuk dalam masa penetapan calon pemilih  di masing - masing desa," katanya.

Mengingat ada aplikasi Si Pilang, Ahmad Faruk mengatakan, pembuatan aplikasi itu untuk memudahkan dalam mengetahui hitungan cepat dan nyata.

"Oh, untuk aplikasi Si Pilang, itu sistem pemilihan langsung, untuk mengetahui cara cepat pendataan. Karena itu sistem online dalam memudahkannya berapa suara masuk dan calon siapa yang menang dalam Pilkades, sebab itu real time dan real count," katanya.

Secara terpisah, mengenai  aplikasi Si Pilang, kata Diki, pemegang server aplikasi Si Pilang, mengatakan, aplikasi ini dibuatkan untuk mengetahui cara cepat mengetahui hasil dalam Pilkades tersebut. "Pembuatan aplikasi ini bentuknya website," kata Diki yang juga warga Desa / Kecamatan Pasawahan ini . (*) 

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved