Breaking News:

Kapolsek di Indramayu Nyamar Jadi Dalang pada Pagelaran Wayang, Serukan Ajakan Vaksinasi

Polisi di Kabupaten Indramayu menyamar menjadi dalang dalam pagelaran wayang kulit di acara adat sedekah bumi di Desa Pegagan, Kecamatan Losarang

Penulis: Handhika Rahman | Editor: dedy herdiana
Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Kapolsek Losarang, Kompol Mashudi saat menjadi dalang wayang di acara adat sedekah bumi di Desa Pegagan, Kecamatan Losarang, Selasa (9/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Polisi di Kabupaten Indramayu menyamar menjadi dalang dalam pagelaran wayang kulit di acara adat sedekah bumi di Desa Pegagan, Kecamatan Losarang, Selasa (9/11/2021).

Pada pagelaran itu, Kompol Mashudi yang merupakan Kapolsek Losarang memainkan tokoh pewayangan arjuna.

Dalam ceritanya, Arjuna diketahui tengah menjalankan tugas untuk menyukseskan program vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan kepada masyarakat.

"Sapa bae sing ngalangi tujuan aku. Ora mundur selangkah, tetep ngelaksanaken tugas kanggo melindungi rakyat, senjataku sing ampuh rasakan nganggo vaksin sinovac (Siapa saja yang menghalangi tujuan saya, saya tidak akan mundur selangkah pun, tetap menjalankan tugas untuk melindungi rakyat, senjataku yang paling ampuh, rasakan ini vaksin Sinovac," ujar dia dalam pagelaran tersebut.

Kompol Mashudi mengatakan, berbagai upaya mesti dilakukan untuk mengajak masyarakat agar mau divaksin, termasuk menyamar sebagai dalang wayang.

Ia pun berharap, target percepatan vaksinasi bisa selesai pada akhir tahun nanti.

Di sisi lain, Kompol Mashudi juga sengaja menjadi dalang wayang agar masyarakat di Kabupaten Indramayu bisa terus melestarikan budaya warisan nenek moyang.

Termasuk kepada kaula muda, agar mereka bisa lebih mencintai budayanya sendiri ketimbang budaya dari luar.

"Saya juga mengajak kaum muda agar lebih mencintai wayang kulit sebagai budaya lokal ditengah pengaruh budaya barat yang dapat merusak etika dan moral," ujar dia.

Baca juga: Sambut Hari Wayang Nasional, Pelajar di Majalengka Buat dan Pentaskan Wayang Paralon

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved