Breaking News:

Begini Komentar Sesama Satpam Terkait Adanya Oknum Satpam di Kejari Kuningan Ditangkap Polisi

Informasi penangkapan oknum Satpam yang bekerja di Kantor Kejari Kuningan, kontan menyedot perhatian rekan sesama profesi

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: dedy herdiana
Tribunnews
Ilustrasi Satpam 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM,KUNINGAN - Informasi penangkapan oknum Satpam yang bekerja di Kantor Kejari Kuningan, kontan menyedot perhatian rekan sesama profesi di Kabupaten Kuningan.

"Adanya penangkapan Satpam di Kantor Kejaksaan Negeri Kuningan, tentu bikin saya prihatin dan merasa malu. Ya malu secara profesi kita sama namun untuk perbuatannya, jelas itu kan oknum dan sudah mendapat penanganan dari penegak hukum juga," ungkap Eman salah seorang Satpam di Gedung DPRD Kuningan saat berbincang dengan Tribuncirebon.com, disela jam kerja sebagai alat pengaman kantor tersebut, Senin (8/11/2021).

Tindakan tidak baik dalam kasus apapun berkaitan dengan hukum, kata dia mengemuka, tentu harus mendapat imbalan setimpal.

Sebab Satpam merupakan garda terdepan dalam sebuah lembaga pemerintah atau non pemerintah ketika menjalankan tugas dan kewajiban sebagai pelayan sekaligus pemberi kenyamanan.

"Iya, dimana - mana Satpam itu bertanggung-jawab pada tugas dan fungsinya sebagai pelayan. Tidak hanya itu, tanggungjawab atas keamanan dan kenyamanan lingkungan kerja pun terlibat, sehingga kita tugas itu murni melaksanakan amanah," ungkap Eman.

Mengani sosok oknum Satpam itu sendiri, kata dia menjelaskan bahwa Satpam bertugas itu ada dua kategori.

Baca juga: Petugas Satpam Kejari Kuningan Ditangkap Polisi, Berikut Fakta Kejadian Dijelaskan Kasat Narkoba

Di antaranya petugas Satpam itu murni organik dan ada non organik alias dari Yayasan tertentu sebagai penyedia jasa petugas keamanan.

"Nah, soal oknum Satpam itu kapasitasnya gimana. Sebab kalau oknum Satpam dari Yayasan itu nama lembaga usaha penyediaan petugas keamanan otomatis tercoreng. Kemudian sebaliknya, kalau dia Satpam organik atau dari tenaga honorer kantor tertentu, itu tanggungjawab manajamennya," ujarnya.

Etos kerja Satpam, kata Eman mengaku selain memiliki tanggungjawab atas keamanan lingkungan, juga harus memiliki kebaikan atau akhlak sosial sebagai dasar tugas.

Halaman
123
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved