Breaking News:

Antisipasi Penularan Covid-19, Pelaku Perjalanan Internasional Wajib Skrining dan Patuhi Prokes

Satgas Covid-19 memastikan pelaku perjalanan internasional menjalani skrining dan aturan protokol kesehatan yang ketat untuk masuk Indonesia.

Dokumen Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Soekarno-Hatta
Ilustrasi pelaku perjalanan internasional 

TRIBUN- Satgas Covid-19 memastikan pelaku perjalanan internasional menjalani skrinning dan aturan protokol kesehatan yang ketat untuk masuk Indonesia.

"Saat tiba di pintu kedatangan alangkah lebih baik calon pelaku perjalanan memahami bahwa peluang penularan dapat bersumber saat sebelum dalam perjalanan dan setelah sampai di tempat tujuan. Untuk itu pada seluruh tahapan perjalanan protokol kesehatan harus diutamakan," Jubir Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito dalam siaran live BNPB Indonesia, Kamis (4/11/2021).

Wiku menjelaskan, sebelum perjalanan pastikan pelaku perjalanan dalam kondisi sehat sebelum memutuskan untuk melakukan perjalanan selanjutnya.

"Pastikan seluruh dokumen yang diperlukan saat pemeriksaan di Indonesia telah dipersiapkan dengan baik. Mulai hasil negatif PCR bukti vaksinasi baik pertama maupun  berkas administrasi lainnya" jelas Wiku.

Selanjutnya, lanjut Wiku, saat diperjalanan pastikan setiap penumpang berupaya meminimalisir peluang penularan yang ada.

Misalnya mengusahakan tidak melepas masker kecuali saat makan dan minum di perjalanan dalam durasi panjang atau kewajiban meminum obat, dan meminimalisir berbicara langsung atau melalui alat komunikasi.

"Jaga jarak aman antar penumpang. Jika memungkinkan selalu menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer," jelas Wiku

Wiku menjelaskan, saat tiba di pintu kedatangan di beberapa titik yaitu di Bandar Udara Soekarno Hatta Ngurah Rai Hang Nadim Raja Haji fisabilillah dan Sam Ratulangi serta pintu masuk laut di provinsi Bali dan Provinsi Kepulauan Riau.

"Ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh pelaku perjalanan," kata Wiku.

Pertama pemeriksaan persyaratan dan skrining kesehatan dasar di kedatangan, kedua melakukan entry test. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved