Breaking News:

Human Interest Story

Kisah Sukses Pemuda Asal Bandung Barat yang Memilih Jadi Petani, di Saat yang Lain Kerja Kantoran

dia berhasil mematahkan stigma bahwa penghasilan petani itu kurang menjanjikan dengan membuktikan bahwa dari hasil tani itu, dia bisa meraup keuntunga

Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com/Hilman Kamaludin
Wisnu Saepudin (28), seorang pemuda asal Kampung Baru Nyatu, RW 12, Desa Pasirlangu, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang memilih jadi petani. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG BARAT - Wisnu Saepudin (28), seorang pemuda asal Kampung Baru Nyatu, RW 12, Desa Pasirlangu, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB) tampak tidak malu saat menekuni pekerjaan di kebun miliknya.

Dia memutuskan untuk menjadi petani paprika di saat usianya tergolong masih muda karena menurutnya, pekerjaan tersebut sebetulnya sangat menjanjikan untuk menata masa depannya.

Wisnu mengakui, menjadi seorang petani itu terkadang dipandang sebelah mata karena pekerjaan ini identik dengan kotor-kotoran terutama oleh pemuda yang lain, sehingga anak muda lainnya itu memilih untuk kerja kantoran yang lebih menjanjikan.

Namun dia berhasil mematahkan stigma bahwa penghasilan petani itu kurang menjanjikan dengan membuktikan bahwa dari hasil tani itu, dia bisa meraup keuntungan hingga puluhan juta per bulan dan tentunya hasil itu mengalahkan pemuda yang kerja kantoran.

Baca juga: Kisah Pilu Anak TKW Indramayu yang Minta Tolong Jokowi di Irak, Kini Putus Sekolah Tak Punya Biaya

Baca juga: Kisah Inspiratif, Santri di Majalengka Ini Sukses Budidaya Anggur Brazil, Masih Sempatkan Ambil S3

Wisnu mengatakan, dirinya memilih bekerja sebagai petani itu dimulai pada tahun 2012 silam yang saat itu usianya baru menginjak 22 tahun. Saat itu, dia bersusah payah untuk merintis ladang pertaniannya dengan dibantu orangtuanya yang juga petani.

"Saat itu saya punya lahan seluas 1.200 meter persegi, hasil pemberian orangtua. Kemudian dijadikan green house untuk ditanami paprika," ujarnya saat ditemui Tribun Jabar di lahan pertaniannya, Jumat (29/10/2021).

Wisnu tak malu terjun langsung mulai dari menanam, memupuk, merawat tanaman supaya tak diserang hama, memanen, hingga memasarkan hasil taninya setelah dia menanam 4.000 pohon paprika.

Jalan menuju kesuksesannya menjadi seorang petani muda ini mulai terbuka saat seorang temannya semasa sekolah dulu bekerja di Pasar Caringin, Bandung yang saat itu membutuhkan pasokan paprika.

"Kebetulan saat itu ketersediannya sedang kurang. Jadi, saya terbantu market itu dari teman sekolah yang punya kios di pasar (Caringin)," kata Wisnu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved