Breaking News:

Konflik Afghanistan

China Terus Merayu Taliban, Janji Bangun Kembali Afghanistan di Tengah Keterpurukan Ekonomi

China, seperti dikatakan menteri luar negerinya, "mendukung upaya untuk memulihkan stabilitas dan membangun kembali negara itu"

Editor: Mumu Mujahidin
(Sumber: fmprc.gov.cn)
China berjanji untuk membantu Taliban membangun kembali negara Afghanistan. Menteri Luar Negeri China Wang Yi menyatakan hal tersebut kepada delegasi Taliban yang dipimpin wakil perdana menteri sementara Taliban, Mullah Abdul Ghani Baradar, di Doha Qatar hari Senin (25/10/2021) 

TRIBUNCIREBON.COM - Perekonomian Afghanistan memburuk pasca dipimpin kelompok Taliban

Melihat kondisi itu China berjanji untuk membantu Taliban "membangun kembali negara" sambil mengulangi seruan agar Amerika Serikat mencabut sanksi terhadap para pemimpin baru Afghanistan yakni Taliban.

Hal itu disampaikan Menlu China di Doha Qatar, Senin (25/10/2021).

Menteri Luar Negeri China Wang Yi membuat pernyataan tersebut kepada delegasi Taliban yang dipimpin wakil perdana menteri sementara Taliban, Mullah Abdul Ghani Baradar, di Doha Qatar hari Senin (25/10/2021), pada pertemuan tingkat tinggi pertama antara Beijing dan Kabul sejak Taliban membentuk pemerintahan sementara pada bulan September seperti dilansir Bloomberg yang dikutip Straits Times, Selasa, (26/10/2021).

Baca juga: Di Tangan Taliban, Afghanistan Dinilai Pakistan dan Swedia Berada Diambang Kehancuran, Ini Alasannya

Wang mengatakan masyarakat internasional harus bekerja dengan Taliban "secara rasional dan pragmatis", lapor kantor berita resmi Xinhua, Selasa, (26/10/2021) seperti diberitakan Straits Times.

China, seperti dikatakan menteri luar negerinya, "mendukung upaya untuk memulihkan stabilitas dan membangun kembali negara itu", Xinhua melaporkan, mengutip Wang Yi.

Diplomat senior China itu juga menekankan Taliban harus "menunjukkan keterbukaan dan toleransi", menyatukan seluruh kelompok etnis dan melindungi hak-hak perempuan dan anak-anak.

Wang mengatakan dia yakin pemerintah Taliban akan mengambil langkah-langkah efektif untuk menindak Gerakan Islam Turkestan Timur dan organisasi teroris lainnya yang menimbulkan risiko bagi keamanan nasional China.

China sebagian besar menyambut baik kembalinya Taliban ke pemerintahan, dan telah berulang kali menyatakan kesediaannya untuk bekerja dengan rezim baru Afghanistan.

Baca juga: Ingin Menjadi Negara Adikuasa Gantikan AS, Dunia Menyoroti Ambisi China

China berjanji untuk membantu Taliban membangun kembali negara Afghanistan. Menteri Luar Negeri China Wang Yi menyatakan hal tersebut kepada delegasi Taliban yang dipimpin wakil perdana menteri sementara Taliban, Mullah Abdul Ghani Baradar, di Doha Qatar hari Senin (25/10/2021 (Sumber: Twitter/Sumaira Khan/Taliban)

Afghanistan yang stabil dapat membuka peluang China mengerjakan sumber daya mineral substansial Afghanistan dan mendorong prakarsa infrastruktur Belt and Road atau Sabuk dan Jalan Beijing.

Halaman
12
Sumber: Kompas TV
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved