Breaking News:

Jadi Lokasi Rawan Bencana, Korem 063/SGJ Gelar Simulasi Penanganan Longsor di Argapura Majalengka

Ratusan prajurit TNI menggelar Latihan Penanggulangan Bencana Alam (Gulbencal) tahun 2021 di Desa Sagara Majalengka

Penulis: Eki Yulianto | Editor: dedy herdiana
Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Ratusan prajurit TNI menggelar Latihan Penanggulangan Bencana Alam (Gulbencal) tahun 2021 di Desa Sagara, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Kamis (28/10/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Ratusan prajurit TNI menggelar Latihan Penanggulangan Bencana Alam (Gulbencal) tahun 2021 di Desa Sagara, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Kamis (28/10/2021).

Dipilihnya daerah tersebut, karena Kecamatan Argapura menjadi salah satu titik rawan longsor di Majalengka.

Gulbencal digelar oleh Korem 063 Sunan Gunung Jati (SGJ) dengan melaksanakan simulasi penanganan bencana longsor.

Selain digelar di Desa Sagara dan para prajurit TNI juga menggelar simulasi yang sama di Desa Sukasari Kidul.

Danrem 063 SGJ, Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga Kesumawide, didampingi Dandim 0617 Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto mengatakan, simulasi penanggulangan bencana alam dilakukan untuk memastikan anggota ketika bertugas di lapangan benar-benar siap.

"Secara leading sektor penanganan bencana dibawah komando kita, karena ini merupakan tugas pokok TNI yang salah satunya adalah membantu mengatasi bencana alam," ujar Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga Kesumawide kepada media, Kamis (28/10/2021).

Menurut Danrem, personel yang dilibatkan terdiri dari berbagai unsur baik TNI, Tagana, BPBD, PMI dan juga Satpol PP, yang mana seluruhnya berjumlah 300 orang.

Ia menambahkan, bahwa dalam simulasi kali ini diperagakan telah terjadi bencana alam berupa tanah longsor akibat curah hujan cukup tinggi yang terus mengguyur wilayah setempat.

"Pada kejadian itu 6 orang tertimbun longsor dengan mengalami luka berat dan luka ringan. Kemudian 1 orang meninggal karena tertimbun tanah longsor. Sedangkan yang mengalami luka-luka langsung kita evakuasi ke rumah sakit maupun puskemas terdekat," ucapnya.

Dikatakan dia, dari simulasi yang berlangsung dinilai seluruh personel gabungan dapat melaksanakan tugas secara baik sesuai pokok fungsi masing-masing.

"Kabupaten Majalengka sendiri terdapat tiga titik lokasi rawan bencana terutama longsor yang tersebar di Kecamatan Argapura, Cingambul dan Malausma."

"Jadikan latihan penanggulangan bencana alam ini sebagai tolak ukur kita dalam siaga penanggulangan bencana alam di wilayah."

"Dan kami juga berharap kepada masyarakat agar terus menjaga alam kita ini, sehingga alam juga akan menjaga kita supaya terjadi kesinambungan," jelas dia.

Baca juga: 18 Kecamatan di Majalengka Masuk Daerah Rawan Longsor, Berikut Daftarnya

Baca juga: Longsor di Cikole Lembang Terjang Dapur dan Dua Motor Warga, Waspada Potensi Bencana Susulan

Baca juga: Longsor Pukul 23.30 Tutup Jalan di Kedungarum, Tiga Jam Petugas Damkar Bersihkan Material Tanah

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved