Breaking News:

Tiket Kereta Api

Pembelian Tiket Kereta Api Kini Gunakan Nomor NIK, Ribet Sih tapi Suka Tak Suka Harus Menyesuaikan

Karenanya, aturan itu diberlakukan bagi penumpang yang hendak memesan tiket kereta api jarak jauh di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon.

Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Penumpang yang turun dari kereta api di Stasiun Cirebon, Jalan Inspeksi, Kota Cirebon, Selasa (20/7/2021) 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - PT KAI menetapkan aturan baru bagi penumpang yang akan naik kereta api jarak jauh sesuai Perpres Nomor 83 Tahun 2021.

Karenanya, aturan itu diberlakukan bagi penumpang yang hendak memesan tiket kereta api jarak jauh di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon.

Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto, mengatakan, para penumpang diminta menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) saat memesan tiket kereta api.

Menurut dia, pemberlakuan aturan itu dalam rangka mendukung program pemerintah yang tertuang dalam Perpres tentang Pencantuman dan Pemanfaatan NIK dan atau Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Dalam Pelayanan Publik.

"Aturan ini efektif diberlakukan sejak kemarin (Selasa, 26 Oktober 2021) di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon," ujar Suprapto saat ditemui di Stasiun Cirebon, Jalan Inspeksi, Kota Cirebon, Rabu (27/10/2021).

Ia mengatakan, aturan tersebut berlaku bagi penumpang dewasa hingga anak-anak, sedangkan bagi WNA cukup menggunakan nomor identitas yang tertera pada paspornya.

Selain itu, kebijakan itu akan membantu dalam proses validasi vaksinasi minimal dosis pertama dan pemeriksaan bebas Covid-19 yang juga harus dipenuhi penumpang kereta api.

Pasalnya, PT KAI Daop 3 Cirebon telah mengintegrasikan aplikasi PeduliLindungi dengan sistem boarding KAI, sehingga data vaksinasi akan otomatis dapat diverifikasi pada proses boarding.

Pihaknya mengimbau, penumpang yang terdaftar pada program Membership KAI Access dan pemilik hak tarif reduksi tetapi data identitasnya belum menggunakan segera mengupdate akunnya.

"Update datanya bisa melalui Customer Service Stasiun, Contact Center KAI melalui WhatsApp KAI121 di 08111-2111-121, loket stasiun, dan aplikasi KAI Access," kata Suprapto.

Suprapto mengingatkan, agar para penumpang teliti saat mengupdate datanya dan memasukkan 16 digit NIK sehingga proses verifikasi berjalan lancar.

"Kami berharap, penggunaan NIK ini semakin memberikan kemudahan, kecepatan, kepastian, dan keamanan kepada seluruh penumpang," ujar Suprapto. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved