Breaking News:

INI 6 Makanan Sehat yang Bisa Meningkatkan Mood, Mudah Ditemukan di Sekitar Kita

beberapa makanan memiliki kalori tinggi yang menyebabkan dampak buruk bagi tubuh. Lalu, bagaimana cara sehat meningkatkan mood dengan makanan

Penulis: MG Cirebon | Editor: Machmud Mubarok
Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Ibu-ibu PKK yang tergabung dalam kelompok Olahan Makanan Sehat (OMSET) Balongan Indramayu saat menyiapkan pesanan pelanggan, Rabu (16/9/2020). 

TRIBUNCIREBON.COM - Cara terbaik untuk meningkatkan suasana hati atau mood adalah dengan mengonsumsi makanan. Namun, beberapa makanan memiliki kalori tinggi yang menyebabkan dampak buruk bagi tubuh.

Hal ini tentu menimbulkan sebuah pertanyaan: bagaimana cara sehat meningkatkan mood dengan mengonsumsi makanan?

Melansir dari culinarynutrition.com, cara meningkatkan mood dengan mengonsumsi makan-makanan yang sehat:

Strategi untuk Meningkatkan dan Menyeimbangkan Mood dengan Makanan

-        Jangan terlalu banyak mengonsumsi camilan: 

lemak adalah hal yang penting bagi sistem saraf tubuh. Bahkan, otak kita terdiri atas 60% lemak. Lemak baik akan membantu untuk mendukung funsi dan integrasi otak, membantu produksi neurotransmiter dan mengurangi peradangan.

-        Konsumsi asam animo (protein): 

Vitamin B membantu menenangkan stres dan mendukung sistem saraf. Vitamin B juga merupakan co-faktor dalam membantu kesehatan otak. Vitamin B dapat ditemukan di banyak sayuran, seperti sayuran berdaun gelap, dan biji-bijian bebas gluten.

 6 Makanan Sehat yang Dapat Meningkatkan Mood Anda

1. Dark Chocolate (cokelat hitam):

Proses fermentasi memungkinkan bakteri hidup berkembang biak dalam makanan yang kemudian mampu mengubah gula menjadi alkohol dan asam. Selama proses ini, probiotik dibuat. Mikroorganisme hidup ini mendukung pertumbuhan bakteri sehat di usus Anda dan dapat meningkatkan kadar serotonin. Karena hingga 90% dari serotonin tubuh Anda diproduksi di usus Anda, usus yang sehat mungkin sesuai dengan suasana hati yang baik.

2. Pisang: Pisang adalah sumber yang baik untuk gula alami, vitamin B6 dan serat prebiotic.

3. Gandum
mempunyai serat yang dapat menstabilkan kadar gula darah Anda dan meningkatkan mood Anda. Mereka juga tinggi zat besi,
yang dapat memperbaiki gejala suasana hati pada mereka yang menderita anemia defisiensi besi.

4. Ikan berlemak

5. Kacang-kacangan dan biji-bijian tertentu mengandung triptofan, seng, dan selenium yang tinggi, yang dapat mendukung fungsi otak
dan menurunkan risiko depresi.

6. Kopi

Dikutip dari artikel 9 Health Foods That Lift Your Mood yang dimuat di Healthline.com, disebutkan kafein dalam kopi mencegah senyawa alami yang disebut adenosin yang menempel pada reseptor otak yang meningkatkan kelelahan, sehingga meningkatkan kewaspadaan dan perhatian. (Nathanael Angga Bagus Kuncoro)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved