Breaking News:

Sejahterakan Petani dengan Mangga Agrimania Khas Indramayu, Manisnya Tembus Eropa dan Timur Tengah

Salamun merupakanpetani penggarap yang tergabung dalam Kelompok Tani Wong Tanggul Ceblok (WTC), mereka mengelola kebun di Perumahan Bumi Patra

Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Salamun (47) petani penggarap dari Kelompok Tani Wong Tanggul Ceblok saat mengecek buah Mangga Agrimania di kebun Perumahan Bumi Patra (Pertamina), Minggu (24/10/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Matahari masih menyengat di perkebunan Mangga Agrimania di kawasan Perumahan Bumi Patra (Pertamina) Indramayu pada Minggu (24/10/2021) sore.

Di tengah ratusan pohon mangga yang berjajar rapi itu, Salamun (47) sibuk mengecek satu per satu Mangga Agrimania yang menggantung di pohon, ia juga membawa fruit cover yang terbuat dari kertas UV di tangannya.

Memakai kaos lengan panjang berwarna krem dan topi ungu lengkap dengan masker hitam, Salamun sigap membungkus mangga yang memiliki nama latin Mangifera indica yang ada dihadapannya satu per satu dengan fruit cover.

Fungsi dari fruit cover ini agar Mangga Agrimania tidak diserang hama dan demi menjaga kualitas terbaiknya saat dipanen nanti.

Mayoritas Mangga Agrimania di Perumahan Bumi Patra kini sudah sebesar bola tenis dan dua minggu lagi siap dipanen saat bobot beratnya sudah mencapai 800 gram sampai 1,2 kilogram.

Salamun (47) petani penggarap dari Kelompok Tani Wong Tanggul Ceblok saat membungkus buah Mangga Agrimania menggunakan fruit cover di kebun Perumahan Bumi Patra (Pertamina), Minggu (24/10/2021).
Salamun (47) petani penggarap dari Kelompok Tani Wong Tanggul Ceblok saat membungkus buah Mangga Agrimania menggunakan fruit cover di kebun Perumahan Bumi Patra (Pertamina), Minggu (24/10/2021). (Tribuncirebon.com/Handhika Rahman)

Salamun sendiri merupakan satu dari 13 petani penggarap yang tergabung dalam Kelompok Tani Wong Tanggul Ceblok (WTC), mereka mengelola kebun di Perumahan Bumi Patra.

Di kebun setempat, terdapat sebanyak 600 pohon mangga yang tumbuh subur di atas lahan seluas 4,5 hektare.

Budidaya Mangga Agrimania yang dilakukan di Perumahan Bumi Patra diketahui telah memperoleh sertifikat dari Dinas Ketahanan Pangan (DKP) dan Hortikultura Jawa Barat.

Awalnya, perkebunan itu merupakan lahan pesawahan, penggarapnya juga bukan petani yang ada di sekitar perumahan yang menjadi tempat tinggal karyawan PT Pertamina tersebut.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved