Breaking News:

Hengky Kurniawan Larang Warga Bandung Barat Bayar Utang ke Pinjol Ilegal Seperti Mahfud MD

jika perusahannya ilegal, Hengky Kurniawan menyarankan tidak perlu membayar pinjol dan ketika dapat ancaman warga diimbau untuk melaporkan ke polisi

Editor: Mumu Mujahidin
Kolase/Instagram
Sosok Hengky Kurniawan yang Akan Jadi Penjabat Bupati Saat Aa Umbara Dipenjara 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG BARAT - Pinjaman online (Pinjol) akhir-akhir ini tengah ramai diperbincangkan setelah diberantas polisi karena meresahkan warga yang meminjam uang dengan cara mudah melalui aplikasi tersebut.

Namun ketika ada warga yang tidak mampu membayar utangnya, mereka sampai diteror hingga dipermalukan penagihnya yang menghubungi keluarga, dan teman dengan cara tidak manusiawi.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan, mengatakan, bagi masyarakat KBB yang kadung terjerat pinjol harus memastikan bahwa perusahaan yang dipakai tidak ilegal.

Kemudian jika perusahannya ilegal, pihaknya menyarankan tidak perlu membayar dan ketika dapat ancaman warga diimbau untuk melaporkan ke polisi sesuai arahan Menko Polhukam Mahfud MD.

"Pak Mahfud kan sudah menyampaikan, kalau pinjolnya ilegal arahan pak Mahfud gak usah dibayar, terus kalau diteror lapor polisi," ujar Hengky, belum lama ini.

Kendati demikian, pihaknya, mengimbau warga KBB sebisa mungkin untuk menghindari jeratan Pinjol, apalagi jika bunga yang ditawarkan tidak rasional dengan pinjaman pada umumnya. 

Pasalnya, di tengah iming-iming kemudahan persyaratan dan waktu cepat pencarian, Pinjol kerap melakukan penagihan tunggakkan dengan segala cara.

Apalagi Pinjol yang diakses adalah ilegal atau belum mendapat persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

"Masyarakat harus betul-betul jeli ketika memutuskan untuk meminjam. Analisa dulu uangnya untuk apa, apakah bunganya masuk akal, terus membebani tidak. Kalau merugikan, saya rasa mending ditangguhkan," katanya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved