Breaking News:

Gempa Hari Ini

Gempa Terkini, Salatiga Diguncang 8 Kali Gempa Hari Ini, Diduga Bersumber dari Telomoyo

Episenter gempa bumi di Salatiga ini terletak pada koordinat 7.296 LS dan 110.38568 BT. Lokasi tepatnya berada di darat pada jarak 13 kilometer arah

Editor: Machmud Mubarok
shutterstock
Ilustrasi Gempa 

TRIBUNCIREBON.COM - Gempa terkini berkekuatan M 3,0 mengguncang wilayah Salatiga, Provinsi Jawa Tengah sejak dini hari tadi, dan sudah terjadi 7 kali gempa susulan.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menunjukkan bahwa informasi gempa bumi pendahuluan ini terjadi pada pukul 00.32 WIB, Sabtu (23/10/2021).

Episenter gempa bumi di Salatiga ini terletak pada koordinat 7.296 LS dan 110.38568 BT. Lokasi tepatnya berada di darat pada jarak 13 kilometer arah Barat Laut Kota Salatiga, Jawa Tengah pada kedalaman 6 kilometer.

Baca juga: Diguncang Gempa Magnitudo 5,3, Siswa di Blitar Berhamburan ke Luar Kelas

Berikut beberapa fakta gempa Salatiga, Jawa Tengah yang terjadi hari ini.

1. Sumber gempa Salatiga

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

"Diduga kuat sumber gempa sesar aktif yang menjadi pemicu gempa (Salatiga) ini adalah Sesar Merbabu Merapi Telomoyo," jelas Kepala Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono MSi.

2. Dampak guncangan gempa Salatiga

Berdasarkan peta tingkat guncangan atau shake map BMKG, tampak bahwa dampak gempa berupa guncangan dirasakan di sejumlah wilayah dekat lokasi pusat gempa.

Dampak guncangan gempa tektonik dirasakan di wilayah Ambarawa, Salatiga, Banyubiru, dan Bawen dalam skala intensitas II MMI. Di mana pada skala intensitas II MMI ini, guncangan dirasakan oleh orang banyak dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved