Breaking News:

Cek Warna Puting Anda, Jika Berubah Warna Mulai Waspada Ya, Jangan-jangan Itu Kanker

puting tidak berubah warna, tetapi area melingkar kulit yang mengelilingi setiap puting, yang dikenal sebagai areola, dapat berubah warna

Editor: Machmud Mubarok
alodokter.com
ilustrasi kanker payudara 

TRIBUNCIREBON.COM - Payudara seseorang akan berubah seiring waktu karena beberapa penyebab, seperti pubertas dan kehamilan.

Melansir dari Medical News Today, pada dasarnya, puting tidak berubah warna, tetapi area melingkar kulit yang mengelilingi setiap puting, yang dikenal sebagai areola, dapat berubah warna. Sebagian besar waktu, perubahan warna pada areola bersifat jinak.

Namun, ada kalanya perubahan warna puting membutuhkan perhatian medis.

Penyebab puting susu menjadi gelap adalah sebagai berikut.  

1. Kontrasepsi oral

KB pil mengandung versi sintetis dari hormon estrogen dan progesteron. Mengonsumsi pil ini dapat membantu mencegah kehamilan yang tidak diinginkan.

Pil KB dapat memengaruhi tubuh dengan cara yang mirip dengan perubahan hormonal lainnya. Mereka dapat menyebabkan area di sekitar puting menjadi gelap, tetapi ini akan hilang begitu seseorang berhenti minum pil.

Pil KB juga dapat menyebabkan melasma, yaitu ketika bercak berpigmen coklat atau abu-abu terbentuk.

2. Pubertas

Tingkat estrogen seseorang melonjak selama masa pubertas ketika ovarium melepaskan hormon. Lonjakan estrogen ini menyebabkan payudara berkembang.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved