Breaking News:

Kesehatan

Anda Harus Tahu Manfaat Daun Saga, Ternyata Punya Segudang Khasiat Luar Biasa, Ini Penjelasannya

Tanaman yang memiliki nama latin Abrus Precatorius L. ini memang sudah jarang dilirik, padahal daun saga dikenal memiliki khasiat yang luar biasa

Editor: Machmud Mubarok
Shutter Stock
Ilustrasi daun saga 

TRIBUNCIREBON.COM – Pernah dengar tentang daun saga? Jika belum, maka Anda harus tahu manfaat daun yang memiliki senyawa antitumor hingga antiinflamasi ini.

Tanaman yang memiliki nama latin Abrus Precatorius L. ini memang sudah jarang dilirik, padahal daun saga dikenal memiliki khasiat yang luar biasa dalam pengobatan tradisional.

Daun saga memiliki ciri-ciri daun berukuran kecil, bersirip ganjil, dan berwarna hijau. Dari segi rasa, daun ini memiliki rasa yang agak manis-manis pahit.

Dikutip dari krishnaherbals.com, tanaman yang merambat ramping dan tumbuh liar di semak belukar, pertanian dan pembukaan lahan sekunder ini umumnya didukung oleh tanaman lain atau pagar.

Daun saga merupakan tanaman asli India, dari Himalaya ke India selatan dan Sri Lanka, tetapi sekarang tumbuh di semua daerah tropis di seluruh dunia, paling sering di Florida dan Hawaii, Afrika, Amerika Selatan dan Hindia Barat.

Baca juga: Gula Darah Naik? Jangan Panik, Atasi Dengan Konsumsi Daun Dewa, Penderita Diabtes Wajib Coba

Baca juga: Kolesterol Meningkat? Jangan Minum Obat Kimia, Konsumsi Tiga Lembar Daun Dewa untuk Mengatasinya

Kandungan yang terdapat dalam daun saga

Banyak sekali kandungan bermanfaat bagi kesehatan tubuh yang bisa anda dapat dari daun saga, seperti: isotlavonoid dan kuinon, triterpenoid dan saponin, protein, senyawa alkaloid dan nitrogen, flavonoid dan anthocyanin, karbohidrat

Penjelasan tentang kegunaan senyawa yang terdapat dalam daun saga:

1. Antitumor

Protein aglutinin yang dimurnikan dari biji Abrus precatorius menunjukkan aktivitas antitumor yang tinggi.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved