Breaking News:

Banyak Jalur Maut di Kuningan, Anggota DPRD Minta Dishub Lakukan Kajian Lingkungan

untuk jalur kendaraan di Kuningan ini memang terbagi dalam beberapa kategori. Ada sejumlah jalan di Kuningan ini, di antaranya jalan nasional,

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Machmud Mubarok
Istimewa/Aki Djaja
Kondisi Motor dan Angkot usai Tabrakan di Jalan Raya Sindangagung, Kuningan, Senin (11/7/2021). 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Anggota DPRD Kabupaten Kuningan, Sri Laelasari, mengaku prihatin dengan kondisi sejumlah jalan di Kuningan yang kerap menelan korban jiwa karena mengalami kecelakaan. Hal itu yang membuat jalan-jalan itu disebut jalur maut di Kuningan.

"Untuk daerah jalur kendaraan yang terbilang sangat rawan kecelakaan. Belum lama kami lakukan pendataan dan kajian lingkungan, sebab di Kuningan ini tidak sedikit jalur maut belum penanganan kenyamanannya," ungkap Sri Laelasari yang juga Anggota Komisi III DPRD Kuningan saat ditemui dirumahnya di Jalan Wijaya, Kuningan, Kamis (7/10/2021).

Politisi perempuan ini mengatakan, sejumlah jalur maut yang mesti mendapat pelayanan dalam menekan angka kecelakaan, di antaranya tanjakan simpang tiga Kuningan - Cigugur - Gunung Keling, Jalur Ciharending dan 'polisi tidur' di jalur baru Cijoho - Kuningan.

Baca juga: Kecelakaan di Jalur Pantura Indramayu, Tiga Kendaraan Besar Terlibat Tabrakan Beruntun

"Untuk jalur yang banyak menelan korban jiwa, akibat terjadi kecelakaan. Sudah kami data dan disebut dengan jumlah tadi, kemudian tindakan lanjut dari kami. Akan melakukan koordinasi sekaligus minta Dishub Kuningan melakukan action," ujarnya.

Sri menyebut untuk jalur kendaraan di Kuningan ini memang terbagi dalam beberapa kategori. Ada sejumlah jalan di Kuningan ini, di antaranya jalan nasional, jalan provinsi, jalan kabupaten dan jalan desa.

"Nah, untuk rawan kecelakaan berdasarkan catatan kami emang banyak di jalur nasional. Seperti dari zona jalan sendiri dan kerusakan pada hotmixnya sendiri," katanya.

Sebagai  informasi, lokasi kecelakaan maut di tikungan di Jalan Veteran - Kuningan itu sering dikaitkan dengan hal-hal mistis. Pengendara harus waspada saat melintas jalur tersebut.

"Secara penglihatan nyata, jalur tikungan ini memang kagok. Apalagi kalau dari Taman Kota kita melintas itu agak naik dan harus bisa ngendalikan kendaraan," kata Samad salah seorang sopir Angkota Jurusan Kadugede - Kuningan, Selasa (5/10/2021).

Dia menyebut kondisi jalur sekarang lebih tertata dan memiliki penerangan jalan umum. Sehingga saat berpas - pasan dua kendaraan dari berlawan arah itu bisa diketahui. "Sewaktu dulu belum ada penerangan memang rawan. Tapi sekarang agak mendingan bisa melihat kendaraan dari arah berlawanan," katanya.

Baca juga: Heboh Video Kecelakaan Motor vs Bus di Jalan Baru Ancaran - Kedungarum Kuningan, Beredar di Medsos

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved