Breaking News:

Hari Rabies se-Dunia, Vaksinasi Gratis Hewan Peliharaan di Kuningan, Buruan Kuota Terbatas!

vaksin untuk kebutuhan hewan dalam mencegah penyakit rabies, ini sebagai program pemerintah membasmi penyakit pada hewan

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com/Ahmad Ripai
Kegiatan suntik vaksinasi Rabies terhadap hewan peliharaan warga di Kuningan. 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Dalam memperingati Hari Antis Rabies se-Dunia yang jatuh pada tanggal 28 September setiap tahunnya, Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Peternak dan Perikanan menyediakan kuota vaksinasi anti rabies untuk hewan peliharaan milik warga di Kuningan.

Kuota yang dimiliki Kuningan sebanyak  500 dosis. 

Kasi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan Pemkab Kuningan, dr Rofiq mewakili Kabid Peternakan Dinas Peternakan dan Perikanan Kuningan saat ditemui di Poskeswan Cilimus, Kamis (7/10/2021), mengatakan  kuota vaksin untuk kebutuhan hewan dalam mencegah penyakit rabies, ini sebagai program pemerintah membasmi penyakit pada hewan mematikan tersebut.

"Vaksinasi ini untuk hewan yang biasa di pelihara warga. Bertujuan, mencegah penyakit rabies pada hewan yang bisa mengancam keselamatan orang," katanya.

Baca juga: Warga Bandung Barat Meninggal Dunia Usai Digigit Anjing dan Tertular Virus Rabies

Dalam kesempatan ini, kata dia mengaku bahwa jumlah vaksinasi disediakan itu ada sebanyak 500 dosis dan baru diberikan pada hewan peliharaan itu ada sebanyak 53 dosis. 

"Jumlah diberikan itu sebanyak 53 kucing dan satu ekor kera. Namun tadi sebelumnya, ada sebanyak 56 warga pemohon dan ketiga kucing tadi, tidak jadi kami suntik akibat mengalami penyakit tertentu hingga dibatalkan penyuntikan," katanya.

Adapun kegiatan vaksin anti rabies ini, kata dia mengklaim, bahwa setiap pemilik hewan peliharaan bisa mendapat kuota vaksin tersebut. 

"Nah kepada pemilik hewan peliharaan dalam mendapatkan vaksin Anti Rabies, si pemilik bisa datang ke Puskeswan  terdekat. Misal untuk kawasan Kuningan Kota, ini bisa datang ke Puskeswan di Cirendang. Kemudian Puskeswan lainnya itu tersebar di Selajambe, Cibingbin, Ciawigebang, Luragung dan disini di Cilimus," katanya.

Untuk mendapat kuota vaksin itu, para pemilik hewan peliharaan bisa datang pada saat jam kerja berlangsung. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved