Breaking News:

Konflik Afghanistan

Taliban Umumkan 38 Pejabat Baru Afghanistan Tanpa Ada Satupun Pejabat Wanita di Dalamnya

Taliban umumkan 38 pejabat baru Afghanistan tidak mengindahkan seruan masyarakat internasional agar mereka memberi pengakuan pada hak-hak perempuan.

Editor: Mumu Mujahidin
AP Photo
Ilustrasi: Para milisi Taliban menguasai istana kepresidenan Afghanistan 

TRIBUNCIREBON.COM - Taliban umumkan 38 pejabar baru Afghanistan di bawah kekuasaannya, yang lagi-lagi tak ada pejabat perempuan.

Pengumuman 38 pjabar baru tersebut disampaikan Juru Bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengumumkan pada Senin (4/10/2021).

Para pejabat baru terdiri dari anggota Taliban, dan sangat sedikit yang merupakan perwakilan dari kelompok minoritas.

Seperti dikutip dari The Associated Press, beberapa pejabat baru yang diumumkan adalah Wakil Perdana Menteri Bidang Politik, wakil menteri, dan wakil ketua Masyarakat Bulan Sabit Merah Afghanistan.

Baca juga: Ibu Kota Afghanistan Terancam Gelap Gulita Seusai Taliban Berhenti Bayar Listrik: Sangat Berbahaya

Sebagian besar posisi terdiri dari komandan dan wakil tentara dari seluruh provinsi Afghanistan seperti Kabul, Helmand, Herat dan Kandahar.

Penunjukan pejabat yang semuanya laki-laki ini mengindikasikan bahwa Taliban tidak mengindahkan seruan masyarakat internasional agar mereka memberi pengakuan pada hak-hak perempuan.

Namun di sisi lain, Taliban mencari dukungan internasional karena mereka bergulat dengan tantangan ekonomi. 

Perekonomian mereka yang sebagian besar bergantung pada donor internasional, kini di ambang krisis. Bantuan asing sebelumnya menyumbang hampir 75% dari pengeluaran publik Afghanistan.

Namun kini, Amerika Serikat (AS) membekukan miliaran dolar aset Bank Sentral Afghanistan yang disimpan di AS. Tanpa dana itu, Taliban tidak dapat membayar gaji sektor publik.

Sebelumnya, pekerja perempuan Afghanistan, khususnya pekerja kesehatan, guru dan para pembela hak perempuan, mendesak masyarakat internasional untuk melanjutkan bantuan keuangan kepada Afghanistan, Selasa (28/9).

Akhirnya Pemimpin Militer Taliban yang Paling Dicari Amerika Muncul, Nyawanya Dihargai Rp 72 Miliar. Pemimpin militer Taliban Khalil Rahman Haqqani menjadi imam Sholat Jumat dikelilingi pengawalnya
Akhirnya Pemimpin Militer Taliban yang Paling Dicari Amerika Muncul, Nyawanya Dihargai Rp 72 Miliar. Pemimpin militer Taliban Khalil Rahman Haqqani menjadi imam Sholat Jumat dikelilingi pengawalnya (afp)
Halaman
1234
Sumber: Kompas TV
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved