Breaking News:

Lakamda Muda FC Kuningan Dikukuhkan, Begini Sejarah Pembentukan Tim Sepak Bola Remaja Itu

Tim sepak bola remaja yang dikenal dengan sebutan Lakamda Muda FC Kuningan resmi dikukuhkan

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Mutiara Suci Erlanti
Kontributor Tribuncirebon.com/Ahmad Ripai
Tim sepak bola remaja yang dikenal dengan sebutan Lakamda Muda FC Kuningan dan bermarkas di Desa Mekarwangi, Kecamatan Lebakwangi, Kuningan, Jawa Barat resmi dikukuhkan. 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM,KUNINGAN - Tim sepak bola remaja yang dikenal dengan sebutan Lakamda Muda FC Kuningan dan bermarkas di Desa Mekarwangi, Kecamatan Lebakwangi, Kuningan, Jawa Barat kini resmi dikukuhkan.

Hal terjadi pada Sabtu (3/10/2021) tadi malam, di Tamkot Kitchen di kawasan Taman Kota Kuningan.

"Alasan pembentuk tim sepak bola remaja untuk mewadahi generasi dalan dunia olahraga. Apalagi sepak bola di desa kami sudah menjadi budaya warga desa kami," kata Presiden Lakamda Muda FC Kuningan Alex melalui virtualnya disela launching klub bola tersebut, Minggu (4/10/2021).

Alasan Lakamda di jadikan nama klub bola, kata Alex mengaku bahwa nama itu sebuah kota di Negara Austalia dan kawasan itu mayoritas warga pendatang alias bukan warga pribumi Australia.

"Iya, untuk nama Lakamda sendiri. Ini sebuah nama kota di Australia, dimana warga disini bukan pribumi atau semua pendatang yang memiliki berbagai masalah sosial, hingga pemerintah di Australia sendiri memberikan keleluasaan untuk hidup nyaman dan tertib serta mendapatkan pelayanan sosial pada umumnya," kata Alex dalam virtualnya yang sedang berada di Australia.

Tim sepak bola remaja yang dikenal dengan sebutan Lakamda Muda FC Kuningan dan bermarkas di Desa Mekarwangi, Kecamatan Lebakwangi, Kuningan, Jawa Barat resmi dikukuhkan.
Tim sepak bola remaja yang dikenal dengan sebutan Lakamda Muda FC Kuningan dan bermarkas di Desa Mekarwangi, Kecamatan Lebakwangi, Kuningan, Jawa Barat resmi dikukuhkan. (Kontributor Tribuncirebon.com/Ahmad Ripai)

Selain itu, kata Alex mengklaim pembentukan tim bola ini, murni kesukaan pada dunia olahraga yang tidak asing untuk dikenalkan kepada masyarakat.

"Sepak bola ini olahraga merakyat namun bisa memberikan penghidupan pada pemain. Nah, Lakamda Muda FC ini sebagai wadah untuk menjadikan pemain profesional," katanya.

Di sela agenda launching, Manajer Lakamda Muda FC Kuningan, Amin mengatakan, klub bola ini merupakan bentukan dari dua tim bola sebelumnya.

"Jujur saja, Presiden Lakamda Muda FC Kuningan itu anak saya yang sedang usaha di Australia.

Dengan peresmian tim bola ini akibat sebelumnya sering jadi sponsor utama klub bola terdahulu, sehingga kita bikin tim bola untuk lebih maksimal dalam membesarkan klub bola sekarang," katanya.

Amin menyebut, meski markas klub bola di desa, namun harapan serta semangat manajemen tidak akan leha-leha dalam memberikan fasilitas sebagai kebutuhan para pemain.

"Untuk kebutuhan pemain, manajemen fasilitas semua. Namun untuk saat ini, sepatu bola masih bawa masing - masing," ujarnya.

Ditempat sama, Adit pelatih Lakamda Muda FC Kuningan mengaku belum memiliki lisensi atau sertifikat pelatih dari PSSI.

Meski demikian, Ia tidak akan mundur dalam menjalankan amanah yang diberikan manajemen termasuk Presiden Lakamda Muda FC Kuningan.

"Iya, sebanarnya saya sudah kasih tahu Pak Alex. Saya gak punya lisensi atau sertifikat pelatih dari PSSI, namun beliau tetap percaya dan akhirnya saya di modali untuk berangkat Diklat pelatih di Bandung. Berangkatnya Minggu - Minggu sekarang," katanya.

Menyikapi tim bola baru launching, Adit mengaku bahwa ini Komitmen antara Presiden Lakamda Muda FC Kuningan beserta manajamen yang sangat prihatin.

Terutama pada generasi lingkungan masyarakat yang banyak waktu menggunakan gadget yang kurang bermanfaat.

"Betul, adanya tim bola. Otomatis pemain akan disiplin dan bisa mengatur waktu. Ini juga akan mengurangi generasi dalam menggunakan gadget, sehingga remaja pakai hape itu hanya waktu tertentu saja," katanya.

Terpisah,Yaya Pengurus PSSI Kuningan, mengatakan, pihaknya mengapresiasi terhadap peresmian klub bola Lakamda Muda FC Kuningan.

Apalagi dalam launching tadi disaksikan langsung Presiden Lakamda Muda FC Kuningan dari Australia.

"Ya, kami sangat mengapresiasi terhadap tim bola baru di launching. Semoga  Kuningan banyak klub bola dalam memberikan semangat kepada generasi muda.

Sebagai pengurus PSSI, kami tentu mendorong untuk manajamen agar melengkapi administrasi klub bolanya, sehingga bisa masuk dan terdaftar.

Sehingga, ketika mampu berkompetisi di tingkat atas, tidak akan diribetkan perlengkapan administrasi atau perizinan lainnya," katanya. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved