Breaking News:

Persibmania

Prediksi Susunan Pemain Persib Vs PSM Makassar, Menang Harga Mati Bagi Maung Bandung

Kemenangan menjadi harga mati bagi Persib Bandung pada laga pekan keenam Liga 1 2021/2022 menghadapi PSM Makassar

Tribun Jabar
Starting eleven Persib Bandung 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferdyan Adhy Nugraha

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG  - Kemenangan menjadi harga mati bagi Persib Bandung pada laga pekan keenam Liga 1 2021/2022 menghadapi PSM Makassar di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi, Sabtu (2/10/2021).

Pasalnya, jika meraih hasil imbang lagi atau malah sampai kalah, maka tekanan dari bobotoh dipastikan akan jauh lebih berat.

Namun untuk bisa kembali ke jalur kemenangan, Persib Bandung dihadapkan pada situasi yang cukup sulit. Sebab pada laga nanti malam, banyak pemain yang diragukan tampil dan absen.

Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, mengatakan persiapan sejauh ini sudah berjalan dengan cukup baik.

Saat ini, dia sedang menunggu kesiapan Ezra Walian dan Geoffrey Castillion yang sempat tidak fit dibeberapa pertandingan terakhir.

"Ezra sudah mulai berlatih kembali yang mana itu hal positif. Geoffrey sudah dinyatakan fit oleh tim medis karena dia cukup lama absen dan bagus baginya bisa berlatih lagi. Namun sepertinya dia belum siap sepenuhnya," ujar Robert dalam sesi jumpa pers virtual, Jumat (1/10/2021).

Mohammed Rashid menggendong Beckham Putra saat melakukan selebrasi gol keduanya di laga Persib Bandung melawan Persita Tangerang.
Mohammed Rashid menggendong Beckham Putra saat melakukan selebrasi gol keduanya di laga Persib Bandung melawan Persita Tangerang. (Tribun Jabar/Deni Denaswara)

Selain Ezra dan Castillion, Maung Bandung bakal kehilangan dua bek tengah andalannya, Nick Kuipers dan Victor Igbonefo.

Kuipers terkena akumulasi kartu kuning sementara Igbonefo sedang bergabung dengan Tim Nasional Indonesia yang akan berlaga di Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023.

"Jadi kami akan menurunkan line up berbeda lagi di lini belakang dengan dua bek tengah baru," kata Robert.

Saat ini, Persib Bandung menyisakan dua pemain yang berposisi sebagai bek tengah. Kedua pemain  itu adalah Indra Mustafa dan Achmad Jufriyanto.

Namun Robert membuka peluang untuk memainkan Supardi Nasir sebagai bek tengah. Meski berposisi natural bek kanan, Supardi sempat bermain di stopper beberapa musim lalu.

"Supardi menjadi salah satu opsi. Kami masih punya satu kesempatan latihan lagi dan kami akan melihat itu pada sesi latihan terakhir sebelum mengambil keputusan siapa yang akan bermain di posisi bek tengah. Tetapi Supardi menjadi salah satu opsi tentunya. Karena dia saat ini merupakan pemain paling berpengalaman di tim," katanya.

Di balik absennya Igbonefo dan Kuipers, mantan arsitek tim Arema Indonesia mencoba memaknainya sebagai ajang pembuktian bagi kedalaman skuatnya.

"Saya rasa ini akan menarik. Ini menjadi kesempatan kami menunjukkan kedalaman tim meski kehilangan dua bek tengah adalah hal yang tidak terpikirkan sebelumnya," ujar Robert dalam sesi wawancara virtual sebelum pertandingan, Jumat (1/10/2021).

Robert menambahkan, tanpa hadirnya Nick dan Igbonefo sekaligus pada satu pertandingan merupakan hal yang di luar dugaan.

Karena Persib Bandung harus mengubah komposisi pemain bertahan. Bukan hanya satu, namun dua pemain sekaligus.

"Tapi di waktu yang bersamaan, ini menarik karena membuat kami memberi kesempatan bagi pemain lain untuk membuktikan kualitasnya dan menunjukkan tim ini tangguh pada semua departemen. Jadi saya melihat ke depan mengenai itu," katanya.

Berbicara soal kekuatan PSM, Robert sangat menaruh respect kepada tim berjuluk Juku Eja itu.

Sebab dia pernah menukangi PSM pada tahun 2010/2011 dan 2016/2019. Hanya saja, Robert lebih memilih fokus kepada persiapan Persib yang kini sedang berburu kemenangan.

"Kami lebih fokus pada permainan tim sendiri. Fokus Persib sekarang adalah membuat hasil imbang menjadi kemenangan dan itu yang kami cari," katanya.

Prediksi Formasi

Pada pertandingan nanti malam, Robert akan menerapkan formasi dasar 4-4-2.

Di posisi penjaga gawang, Teja Paku Alam masih akan tetap dipercaya di bawah mistar Persib. Dia tampil cukup apik pada pertandingan sebelumnya menghadapi Persikabo dengan mencatatkan cleansheet dan empat kali penyelamatan.

Bek menjadi posisi yang bakal mengalami perubahan besar lantaran absennya Kuipers dan Igbonefo. Keduanya akan digantikan oleh Supardi dan Achmad Jufriyanto.

Dipasangnya Supardi sebagai bek tengah pada laga ini cukup masuk akal. Sebab untuk menghadapi tim seperti PSM yang memiliki barisan penyerangan berbahaya perlu pemain berpengalaman.

Jika memasang Indra di bek tengah, akan terlalu riskan. Apalagi jebolan Diklat Persib itu belum pernah mencicipi kompetisi pada musim ini.

Di posisi bek kiri, Ardi Idrus akan kembali setelah absen di pertandingan sebelumnya. Sementara posisi bek kanan, Bayu M Fiqri akan mengisi tempat Supardi yang akan bermain sebagai stopper.

Di lini tengah, Marc Klok dan Mohammed Rashid bakal tetap dipertahankan untuk menjadi pengatur serangan serta menjadi jangkar. Keduanya akan ditopang oleh Beckham Putra Nugraha di sisi kiri serta Febri Hariyadi di posisi sayap kanan.

Beralih ke lini depan, Wander Luiz akan tetap jadi pilihan utama. Dia kemungkinan akan didampingi Ezra yang kondisinya masih jauh lebih baik dari Geoffrey.

Sementara itu, dari tim lawan, pelatih PSM Makassar, Milomir Seslija menyebut timnya sudah mengambil banyak pelajaran dari kekalahan atas Barito Putera di pekan lalu. Milo mengungkapkan, anak asuhnya sudah sangat siap untuk menghadapi tim berjuluk Maung Bandung itu dan kini sedang dalam motivasi tinggi.

"Motivasi kami sangat tinggi sekarang, segala bantuan dari manajemen dan suporter yang buat kami lebih kuat dan kami bisa mencapai target kami untuk memberikan segala usaha kami bahkan melebihi batas yang bisa kami berikan," ucapnya.

Mantan arsitek tim Arema dan Persiba Balikpapan itu menambahkan, motivasi yang besar akan sangat penting bagi para pemain untuk pertandingan besok malam.

Oleh karena itu, dia ingin Wiljan Pluim dan kawan-kawan terus memelihara motivasi itu hingga pertandingan berakhir.

"Pada saat kami termotivasi kami akan merasa puas dengan apa yang kami lakukan dan kami akan merasakan energi yang besar dan kami tahu apa yang kami harus lakukan dan kami siap untuk itu," katanya.

Secara komposisi pemain, Persib memang memiliki skuat yang sangat luar biasa.

Mulai dari lini belakang hingga depan, kualitasnya cukup merata. Di bangku cadangan pun Persib memiliki barisan pemain yang sangat berkualitas. Sehingga ketika ada pemain yang absen maka kualitas penggantinya tidak jauh berbeda.

Meski demikian, Milo mengingatkan para pemainnya untuk tidak takut dan gentar menghadapi Persib. Sebab dia yakin para pemain mampu bermain melebihi ekspektasi orang-orang selama ini.

"Kami harus bangkit dan menekan diri kami sendiri memberikan usaha yang lebih dari batasan kami dan jika itu kami dapatkan dan kami siap untuk pertandingan. Kami harus dapat tiga poin. Kamk termotivasi, kami hormati mereka tapi kami tidak takut sama mereka. Kami akan mencoba untuk tidak hanya bertahan ketika melawan mereka," katanya.

Absennya Kuipers dan Igbonefo diakui Milo belum diketahui apakah akan menguntungkan PSM atau tidak.


Menurut Milo, Persib memiliki ke dalaman skuat yang sangat bagus meskipun harus ditinggal dua pemain pentingnya tersebut.

"Apakah ini jadi keuntungan, kita lihat saja karena tim mereka memiliki kedalaman cukup bagus, siapa yang siap itu yang menang," ujar Milo dalam sesi konferensi pers sebelum pertandingan, Jumat (1/10/2021).

Di samping itu, Milo berharap kesalahan pada laga sebelumnya ketika ditaklukan Barito Putera dengan skor 0-2 tidak terjadi kembali. Ketika itu menurut Milo, PSM gagal memanfaatkan banyak peluang sehingga Barito Putera mampu memanfaatkannya dengan sangat baik.

"Di laga sebelumnya kami tidak mencetak gol karena kita tidak menggunakan kesempatan kita dan kita membuat kesalahan-kesalahan," katanya.

Selain itu, Milo mengungkapkan pada pertandingan kontra Persib akan ada beberapa pemain yang diragukan tampil. Namun dia yakin, siapapun yang nantinya akan masuk ke starting line up, secara kualitas tidak akan berbeda dan PSM akan tetao bermain baik.

"Saya pikir di tim kami sama, siapa yang diberikan kesempatan untuk bermain mereka akan memanfaatkan kesempatan itu," ucapnya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved