Breaking News:

UN Digantikan Asesmen Nasional, DPRD Majalengka: Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan

Asesmen Nasional sendiri dirancang tidak hanya sebagai pengganti Ujian Nasional, dan ujian sekolah berstandar nasional.

Penulis: Eki Yulianto | Editor: Mumu Mujahidin
Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Ketua DPD Golkar Majalengka yang juga Wakil Ketua DPRD Majalengka, Asep Eka Mulyana 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Asesmen Nasional sebagai pengganti Ujian Nasional merupakan bentuk penilaian atau evaluasi secara menyeluruh terhadap pengelolaan lembaga pendidikan dalam rangka pemetaan mutu pendidikan.

Penegasan itu disampaikan Kepala Kemenag Majalengka H Moh Mulyadi melalui Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Dr H Saepulloh, Rabu (29/9/2021).

Menurut dia, Asesmen Nasional sendiri dirancang tidak hanya sebagai pengganti Ujian Nasional, dan ujian sekolah berstandar nasional.

Namun sebagai penanda perubahan paradigma tentang evaluasi pendidikan yang menyentuh terhadap semua unsur yang ada di sekolah atau madrasah.

Sejumlah siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 saat mengikuti Ujian Nasional Bersama Komputer (UNBK) di SMPN 1, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2019).
Sejumlah siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 saat mengikuti Ujian Nasional Bersama Komputer (UNBK) di SMPN 1, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2019). (Tribunnews/JEPRIMA)

Karena penilaian sendiri sasarannya selain siswa, juga melibatkan guru, kepala madrasah dan lembaga pendidikan itu sendiri.

Berbeda ketika UN dilaksanakan itu hanya melibatkan siswa sendiri.   

Bahkan Asesmen sendiri, lanjut dia, tidak lagi mengevaluasi capaian peserta didik secara individu, akan tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses dan hasil.

"Saat ini sudah memasuki tahun pelajaran 2021/2021 dan ditengah diterapkan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) untuk tingkat madrasah aliyah, sedangkan bagi Madrasah Tsnawiyah (Mts) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) belum," ujarnya.

Sedangkan, Asesmen Nasional ini terdiri dari tiga bagian.

Baca juga: Ujian Nasional 2021 Dihapus, Ini Syarat-syarat Agar Siswa Dinyatakan Lulus dan Mendapat Ijazah

Halaman
123
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved