Breaking News:

Sosok

SOSOK Letjen TNI Purn AY Nasution, yang Minta Patung Soeharto, Sarwo Edhie, & AH Nasution Dibongkar

SOSOK Letjen TNI (Purn) Azmyn Yusri (AY) Nasution, purnawirawan TNI yang disebut meminta pembongkaran diorama G30S/PKI di Museum Kostrad.

Editor: Machmud Mubarok
tni.mil.id
AY Nasution, Pangkostrad di era Presiden SBY yang minta pembongkaran patung Soehaerto dkk 

TRIBUNCIREBON.COM - SOSOK Letjen TNI (Purn) Azmyn Yusri (AY) Nasution, purnawirawan TNI yang disebut meminta pembongkaran diorama G30S/PKIdi Museum Kostrad.

Pihak Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad) angkat bicara terkait pembongkaran Patung Soeharto, Sarwo Edhie, dan AH Nasution di  Museum Kostrad.

Patung tersebut menggambarkan adegan Mayjen Soeharto menerima laporan dari Komandan Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD) Kolonel Sarwo Edhie Wibowo pada 1965. 

Sementara Menteri/Panglima TNI Angkatan Darat, Jenderal AH Nasution, yang selamat dari upaya penculikan PKI beberapa jam sebelumnya juga disebut duduk tidak jauh dari Soeharto dan Sarwo Edhie.

Baca juga: Sebut TNI Disusupi PKI, Nama Gatot Langsung Trending di Medsos, Berikut Klarifikasi Kostrad 

Hilangnya patung Soeharto dkk yang merupakan diorama G30S dkk disoal oleh mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo.

Dalam webinar bertajuk “TNI Vs PKI”, Minggu (26/9/2021), Gatot mengatakan hilangnya Patung Soeharto dkk di  Museum Kostrad mengindikasikan adanya penyusupan pendukung PKI ke TNI.

Atas pernyataan Gatot, Kepala Penerangan Konstrad, Kolonel Inf Haryantana, menjelaskan perihal dibongkarnya patung Soeharto dkk di Museum Konstrad. 

Diberitakan Tribunnews.com, menurut Haryantana, pembongkaran patung Soeharto dkk bukanlah ide dan inisiasi dari Kostrad. 

Pembongkaran patung Soeharto itu merupakan permintaan dari Panglima Kostrad ke-34, Letnan Jenderal TNI (Purn) Azmyn Yusri Nasution.

Pada 20 Agustus 2021 lalu, AY Nasution bersilaturahmi ke Kostrad dan meminta agar patung itu dibongkar.

AY Nasution meminta patung itu dibongkar karena ia sendiri yang memiliki ide membuat patung tersebut saat dirinya menjabat Pangkostrad.

"Bahwa pembongkaran patung- patung tersebut atas keinginan dan ide Letnan Jenderal TNI (Purn) Azmyn Yusri Nasution, karena pada saat menjabat Pangkostrad periode (9 Agustus 2011 sampai dengan 13 Maret 2012) beliau yang membuat ide untuk pembuatan patung- patung tersebut," kata Haryantana dalam keterangan tertulisnya pada Senin (27/9/2021).

AY Nasution, kata Haryantana, meminta agar patung-patung yang telah dibuatnya untuk dibongkar demi ketenangan lahir dan batin, sehingga pihak Kostrad mempersilahkan.

Baca juga: Pasca G30S/PKI, Soeharto Jadi Sasaran Pembunuh Menyamar Jadi Anaknya, Gagal karena Tien Soeharto

Ia menegaskan tidak benar Kostrad menghilangkan patung sejarah (penumpasan G30S). 

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved