Breaking News:

Kasus Covid-19 di Indonesia Turun 20 Kali Lipat, Satgas Imbau Tetap Disiplin Protokol Kesehatan

Kasus Covid-19 mingguan di Indonesia telah mencapai 17.250 kasus atau telah turun 20 kali lipat dari puncak kedua.

BNPB Indonesia
Jubir Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito 

TRIBUN- Kasus Covid-19 mingguan di Indonesia telah mencapai 17.250 kasus atau telah turun 20 kali lipat dari puncak kedua.

Hal ini merupaka perkembangan yang sangat baik bahkan jumlah ini lebih dari kasus pada pertengahan tahun lalu tepatnya tanggal 24 Agustus 2020 yaitu sebesar 18.675.

"Tentunya tujuan kita bersama adalah untuk menekan kasus hingga serendah mungkin Setidaknya di bawah 10.000 kasus per minggu dengan begitu dapat dikatakan bahwa kondisi Covid-19 di Indonesia terkendali dan siap untuk berfokus menuju endemik Covid-19," Jubir Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito dalam siaran live BNPB Indonesia, Selasa (28/9/2021).

Menurut Wiku Adisasmito, jika melihat kebelakang penanganan Covid-19 di Indonesia terus mengalami perbaikan Seiring berjalannya waktu.

"Kita telah belajar dari krisis yang kita hadapi selama kurang lebih satu setengah tahun kebelakang dan semakin mematangkan strategi kita dalam perjalanan Covid-19," kata Wiku Adisasmito.

Tahun lalu, kata dia, kebijakan yang berlaku adalah pembatasan sosial berskala besar atau PSBB dengan penyesuaian kemudian menjadi PSBB transisi dan sebagainya untuk menekan angka penularan Covid-19 secara kolektif di semua wilayah.

Memasuki tahun 2021, bertepatan dengan lonjakan kasus Covid-19 pertama, kebijakan PPKM mulai diterapkan.

"Berangkat dari pembelajaran selama penerapan kebijakan PSBB, PPKM berhasil menurunkan laju kasus tidak hanya pada lonjakan kasus pertama. Namun juga pada lonjakan kasus kedua yang 4 kali lebih tinggi keberhasilan," jelas Wiku.

Wiku Adisasmito menjelaskan lebih lanjut pentingnya tetap meningkatkan pelaksanaan dan pengawasan protokol kesehatan meskipun kasus Covid-19 telah mengalami penurunan.

"Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya beberapa negara mulai mempersiapkan diri menuju endemik Covid-19 di Indonesia,"

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved