Breaking News:

Senjata Pusaka Milik Raden Bagus Arya Wiralodra Pendiri Indramayu Diarak Keliling Indramayu

Bupati Indramayu, Nina Agustina mengatakan, diaraknya senjata pusaka ini dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Indramayu ke-494 tahun 2021.

Penulis: Handhika Rahman | Editor: Mumu Mujahidin
Handhika Rahman/Tribuncirebon.com
Bupati Indramayu, Nina Agustina saat melepas kirab pusaka di Pendopo Indramayu, Senin (27/9/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Senjata pusaka Cakra Udaksana Kiai Tambu diarak mengelilingi seluruh wilayah di Kabupaten Indramayu.

Selain itu, ada juga senjata Gagak Pernala, Galak Handaka, Oyod Mingmang Latamosandi, Jubah Tamba Sewu, dan senjata pusaka lainnya.

Benda-benda pusaka tersebut merupakan senjata milik Raden Bagus Arya Wiralodra yang merupakan pendiri Kabupaten Indramayu dan keturunannya.

Bupati Indramayu, Nina Agustina mengatakan, diaraknya senjata pusaka ini dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Indramayu ke-494 tahun 2021.

Senjata pusaka Cakra Udaksana Kiai Tambu diarak mengelilingi seluruh wilayah di Kabupaten Indramayu, Senin (27/9/2021).
Senjata pusaka Cakra Udaksana Kiai Tambu diarak mengelilingi seluruh wilayah di Kabupaten Indramayu, Senin (27/9/2021). (Handhika Rahman/Tribuncirebon.com)

"Setiap tahun kegiatan hari jadi memang dilaksanakan salah satunya dengan menampilkan pusaka peninggalan masa lalu," ujar dia, Senin (27/9/2021).

Seperti diketahui, kirab pusaka sendiri merupakan kegiatan sakral bagi masyarakat di Bumi Wiralodra yang selalu diadakan setiap tahunnya.

Dengan diadakannya kegiatan ini pun, disampaikan Nina Agustina sekaligus untuk lebih mengenalkan budaya leluhur kepada masyarakat.

Selain itu, sebagai bentuk sosialisasi hasil pembangunan yang dilaksanakan penerintah daerah dan wujud syukur atas prestasi serta pencapain yang sudah diraih.

"Termasuk juga sebagai ungkapan permintaan doa restu kepada masyarakat untuk membangun daerah agar lebih sejahtera," ucapnya.

Hari Jadi Kabupaten Indramayu sendiri jatuh setiap tanggal 7 Oktober.

Pada tahun ini, wilayah Pantura Jabar tersebut akan menginjak usia 494 tahun.

Baca juga: Ini Perkiraan Sketsa Wajah Wiralodra, Adipati Indramayu, Para Trah Terkejut Melihatnya

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved