Breaking News:

Patung Perintis KG Diresmikan di Bentara Budaya Jakarta, Hasil Karya Cipta Seniman Azmir Azhari

Peresmian Patung Perintis KG, Senin (27/9/2021). Berlokasi di Bentara Budaya Jakarta, kegiatan ini juga bertepatan dengan hari kelahiran salah satu pe

Editor: Machmud Mubarok
Corcomm KG/Arif Satrio
Peresmian Patung Perintis KG berlokasi di Bentara Budaya Jakarta, kegiatan ini juga bertepatan dengan hari kelahiran salah satu perintis KG, Jakob Oetama, Senin (27/9/2021). 

TRIBUNCIREBON.COM - Sebagai bentuk penghormatan dan wujud terima kasih atas jasa perintis Kompas Gramedia (KG), diselenggarakan Peresmian Patung Perintis KG, Senin (27/9/2021). Berlokasi di Bentara Budaya Jakarta, kegiatan ini juga bertepatan dengan hari kelahiran salah satu perintis KG, Jakob Oetama.  

Keberadaan KG hari ini tidak terlepas dari perjuangan dan dedikasi P.K. Ojong dan Jakob Oetama. Keduanya memiliki latar belakang yang berbeda, namun punya semangat dan cita-cita yang sama untuk mencerahkan masyarakat melalui produk jurnalistik berkualitas.

Dua karakter yang disatukan dalam semangat yang sama membuat keduanya kerap dijuluki sebagai Dwi Tunggal KG. Di tangan P.K. Ojong dan Jakob Oetama, KG terus bertahan melewati tantangan di segala zaman.

Nilai integritas, humanisme, dan kerja sama yang selalu diajarkan oleh kedua perintis menjadi landasan KG dalam mengembangkan bisnis hingga kini. 

Warisan nilai Perintis KG diabadikan dalam bentuk plakat yang dipasang di monumen patung  Perintis KG bertuliskan kutipan kedua perintis: “Kalau begitu, bagaimana mesti berbuat baik, bukan saja baik di mata Tuhan, tetapi juga bagi masyarakat, yaitu untuk memperbaiki masyarakat, untuk mengangkat derajat masyarakat.” – P.K. Ojong, dan “Cita-cita besar dan semangat keberagaman dalam kebinekaan kami bawa dalam lingkup yang kecil: Kompas Gramedia. Indonesia kecil atau Indonesia mini menjadi ideologi yang terus dikembangkan.” – Jakob Oetama.

Azmir Azhari, seniman patung realis kelahiran Payakumbuh, Sumatera Barat adalah sosok di balik pembuatan patung Jakob Oetama.

Beliau dipercaya untuk membuat patung Jakob Oetama berdasar rekam jejak sebagai seniman yang telah membuat patung tokoh-tokoh ternama di Indonesia. Patung Jakob Oetama diletakkan berdampingan dengan patung P.K. Ojong yang dibuat oleh Seniman Arsono dan diresmikan pada tahun 1987. 

Terkait kondisi pandemi, Peresmian Patung Perintis KG diselenggarakan secara hybrid dan ditayangkan melalui kanal YouTube seluruh unit KG Media, Kompas Gramedia, dan Bentara Budaya.

Streaming YouTube terbuka untuk disaksikan oleh karyawan KG, purnakarya KG, serta relasi dan sahabat Perintis KG di mana pun berada, termasuk masyarakat pada umumnya.

Turut menyampaikan kesan dan pesan tentang Perintis KG, beberapa sosok sahabat yang mengenal dekat Perintis KG, antara lain Bapak Jusuf Kalla, Bapak Sofjan Wanandi, Bapak Ishadi S.K., dan Ibu Titiek Puspa.

Halaman
123
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved