Breaking News:

Menjelang Musim Hujan, DPRKP Kota Cirebon Pangkas Pohon yang Rawan Tumbang

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPRKP) Kota Cirebon mulai memangkas pepohonan yang rawan tumbang.

Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Petugas DPRKP Kota Cirebon saat memangkas pepohonan di ruas Jalan Kesambi, Kota Cirebon, Sabtu (25/9/2021) 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPRKP) Kota Cirebon mulai memangkas pepohonan yang rawan tumbang.

Kepala DPRKP Kota Cirebon, Agung Sedijono, mengatakan, hal tersebut untuk mencegah pohon tumbang menimpa rumah maupun warga yang kebetulan melintas.

Pasalnya, menurut dia, menjelang musim penghujan langkah antisipasi harus dipersiapkan dari sekarang untuk menghindari terjadinya hal-hal tidak diinginkan.

"Sasarannya adalah pohon-pohon yang berpotensi membahayakan, kami pangkas rantingnya," kata Agung Sedijono saat ditemui usai pemangkasan pohon di Jalan Kesambi, Kota Cirebon, Sabtu (25/9/2021).

Baca juga: Hotman Paris Tahu Penyebab Tukul Arwana Sakit, Ungkap Cara Bertahan Hidup, Lakukan Ini Setiap Malam

Ia mengatakan, penebangan pohon hanya dilakukan jika kondisinya sudah lapuk dan tua sehingga dikhawatirkan tumbang saat hujan deras dan angin kencang.

Pihaknya juga menyiapkan tim khusus yang terdiri dari 10 orang dan satu mobil untuk pemangkasan pohon di Kota Cirebon menjelang musim hujan.

"Itu mobilnya khusus pemangkasan pohon dan kami akan memasang rambu-rambu saat memangkas pohon," ujar Agung Sedijono.

Baca juga: Kaesang Pernah Beliin Jokowi Seblak, Deddy Corbuzier Khawatir Presiden Sakit: Salah Bapak Nyicipin

Agung menyampaikan, pemangkasan pohon juga selalu dikoordinasikan dengan pihak lainnya karena kewenangan setiap ruas jalan dipegang pemda, pemprov, hingga pusat.

Saat ini, pihaknya telah memangkas sejumlah pohon yang berada di ruas Jalan Kesambi, Jalan Nyimas Gandasari, Jalan Kanggraksan, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Diponegoro, dan lainnya.

Ia memastikan pemangkasan di kawasan tersebut telah dikoordinasikan dengan Pemprov Jabar dan pemerintah pusat yang mempunyai kewenangan di jalan itu.

"Pemangkasannya juga sangat hati-hati, karena pohonnya sering kali berdekatan dengan kabel listrik dan telepon," kata Agung Sedijono.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved