Breaking News:

Ingin Menjadi Negara Adikuasa Gantikan AS, Dunia Menyoroti Ambisi China

Belakangan ini China sedang mendapat banyak sorotan karena ambisinya yang ingin menjadi negara adikuasa menggantikan AS.

Penulis: MG Cirebon | Editor: Machmud Mubarok
REUTERS
Potret Presiden AS Joe Biden dan Pemimpin China Xi Jinping 

Ingin Menjadi Negara Adikuasa Gantikan AS, Dunia Menyoroti Ambisi China

TRIBUNCIREBON.COM – Belakangan ini China sedang mendapat banyak sorotan karena ambisinya yang ingin menjadi negara adikuasa menggantikan AS.

Tidak heran jika Joe Biden telah membersihkan "geladak" untuk fokus pada China. Tapi, yang jadi pertanyaan adalah seberapa besar bahayanya?

Dikutip dari dailyadvent.com, ini mungkin merupakan poros yang dieksekusi secara tidak elegan, bahkan tidak tepat, mengasingkan sekutu kunci secara serampangan.

Tetapi, dengan meninggalkan Afghanistan dan membentuk pakta keamanan Australia, AS, dan Inggris di Indo-Pasifik, Joe Biden setidaknya telah menyelesaikan masalah untuk fokus pada kebijakannya.

Tantangan kebijakan luar negeri yang besar, persaingan sistemik dengan China.

Namun, yang menjadi perhatian sekarang adalah seberapa cepat persaingan ini dapat meningkat, terutama di Taiwan. Kunci utama dari sistem aliansi AS di Asia Tenggara.

Taiwan adalah pulau terbesar di "rantai pulau pertama", kelompok pulau yang membuat China diblokir. Ini adalah target China berikutnya, dan sebagai mantan perdana menteri Inggris Theresa May menunjukkan, tidak ada yang tahu apakah barat siap berjuang.

Berjuang untuk menyelamatkan Taiwan atau apakah pakta tripartit baru dalam beberapa hal menempatkan kewajiban baru pada Inggris untuk datang ke pertahanan negara.

Media nasionalis China, penulis sejarah yang antusias tentang akhir kekaisaran Amerika, tentu saja menafsirkan penarikan AS dari Afghanistan melalui prisma klaim Beijing atas Taiwan.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved