Breaking News:

Warga Nunuk Majalengka Gelar Tradisi Cuci Benda Pusaka Nyiramkeun Pusaka Karuhun Nunuk

peninggalan budaya “Karuhun” yang merupakan warisan leluhur mengandung nilai seni budaya yang adiluhung dan dapat dijadikan daya tarik wisata pedesaan

Penulis: Eki Yulianto | Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com/Eki Yulianto
Ratusan warga Desa Nunuk Baru menggelar tradisi 'Nyiramkeun Pusaka Kaluhun Nunuk' yang diikuti ratusan warga setempat dan tamu undangan, Kamis (23/9/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Kabupaten Majalengka khususnya wilayah Majalengka selatan, sampai saat ini masih setia melestarikan tradisi budaya leluhur mereka.

Seperti terlihat di salah satu desa, yakni Desa Nunuk Baru, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka yang dinilai memiliki potensi budaya leluhur yang masih sangat kental serta masih lestari.

Ratusan warga Desa Nunuk Baru menggelar tradisi 'Nyiramkeun Pusaka Karuhun Nunuk' yang diikuti ratusan warga setempat dan tamu undangan, Kamis (23/9/2021).

Kepala Desa Nunuk Baru, Nono Sutrisno mengatakan, desa yang dipimpinnya memiliki banyak potensi seni dan budaya leluhur yang harus dijaga, dipelihara dan dilestarikan.

Apalagi, kata dia, peninggalan budaya “Karuhun” yang merupakan warisan leluhur mengandung nilai seni budaya yang adiluhung dan dapat dijadikan daya tarik wisata pedesaan.

Baca juga: Memperingati Hari Jadi Cirebon, Tradisi Pembacaan Babad Cirebon di Keraton Kanoman Digelar Terbatas

Baca juga: Pemkab Kuningan Bareng Pejabat Bea Razia Rokok Ilegal di Sejumlah Pasar Tradisional se-Kuningan

Menurut Nono, rangkaian kegiatan Nyiramkeun Pusaka diawali pengambilan air suci dan selawat nabi.

Setelah itu penyimpanan air suci, ziarah dan doa bersama (guar bumi), penyiraman pusaka diakhiri dengan ramah tamah.

“Alhamdulilah, dalam rangka ulang tahun Desa Nunuk Baru ke-550 digelar serangkaian acara, di dalamnya digelar gelar budaya, ada juga penyiraman benda pusaka, itu yang paling sakral," ujar Nono saat ditemui di lokasi.

Selanjutnya, jelas dia, digelar juga kegiatan guar bumi yang ditandai dengan penanaman pertanian yang setiap tahun dilaksanakan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved