Breaking News:

Kenali Berbagai Jenis Kanker Paru-paru dan Gejalanya yang Sering Kali Tidak Diketahui

Anda pasti sudah sering dengar tentang kanker paru-paru, tapi tahukah anda jika kanker ini memiliki berbagai jenis dan gejala yang jarang diketahui?

Penulis: MG Cirebon | Editor: Machmud Mubarok
Kenali Berbagai Jenis Kanker Paru-paru dan Gejalanya yang Sering Kali Tidak Diketahui
foto: Thinkstock
Ilustrasi kanker paru-paru dalam tubuh manusia

Kenali Berbagai Jenis Kanker Paru-paru dan Gejalanya yang Sering Kali Tidak Diketahui

TRIBUNCIREBON.COM – Anda pasti sudah sering dengar tentang kanker paru-paru, tapi tahukah anda jika kanker ini memiliki berbagai jenis dan gejala yang jarang diketahui?

Dikutip dari verywellhealth.com, ada dua jenis utama kanker paru-paru, yaitu kanker paru-paru sel kecil dan non-sel kecil (NSCLC).

Kanker paru-paru non-sel kecil, biasanya lebih umum dan tumbuh lambat. Kanker ini terdiri dari subtipe yang berbeda, terutama adenokarsinoma paru-paru, karsinoma paru-paru sel besar, dan karsinoma sel skuamosa paru-paru.

Sementara kanker paru-paru sel kecil, agak kurang umum atau jarang terjadi, dan sifatnya lebih agresif. Kanker ini dipecah menjadi dua subtipe, karsinoma sel kecil dan karsinoma sel kecil gabungan.

Prognosis dan cara pengobatan akan terlihat berbeda tergantung pada jenis spesifik kanker paru-paru. Memahami karakteristik setiap jenis kanker paru-paru dapat memberdayakan mereka yang menderita kanker paru-paru untuk membuat keputusan pengobatan terbaik.

Baca juga: Hah, Beneran Susu Cap Beruang Membersihkan Paru-paru dari Infeksi? Nih Penjelasan Secara Medis

Kanker Paru-paru Non-Sel Kecil

Kanker paru-paru non-sel kecil adalah jenis kanker paru-paru yang paling umum, mencapai 80% hingga 85% dari semua kanker paru-paru.

Subtipe NSCLC yang dimulai dari berbagai jenis sel paru-paru, dikelompokkan bersama sebagai NSCLC karena perawatan dan pandangannya sering serupa.

NSCLC sering berkembang perlahan dan menyebabkan sedikit atau tidak ada gejala sampai sudah mencapai stadium lanjut.

Merokok adalah faktor risiko utama untuk NSCLC, terhitung sekitar 90% kasus. Risiko pastinya tergantung pada jumlah rokok yang dihisap seseorang setiap hari dan untuk berapa lama mereka merokok.

Menghirup asap rokok juga meningkatkan risiko kanker paru-paru. Penting untuk dicatat bahwa beberapa orang yang tidak pernah merokok juga dapat mengembangkan kanker paru-paru.

Paparan radon dan paparan polusi udara atau air dengan tingkat arsenik yang tinggi juga dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru.

Gas radon terurai menjadi partikel radioaktif kecil yang dapat mengendap di paru-paru.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved