Breaking News:

Info Gempa Hari Ini

Gempa Magnitudo 6 Guncang Melbourne, Sejumlah Bangunan Rusak dan Jaringan Listrik Terputus

Sejumlah video beredar di media sosial menunjukkan bangunan yang mengalami kerusakan ringan dan jaringan listrik terputus di kawasan pusat bisnis Melb

Editor: Machmud Mubarok
shutterstock
Ilustrasi Gempa 

TRIBUNCIREBON.COM - Sebuah gempa berkekuatan magnitudo 6 menghantam Melbourne di selatan Australia pada Rabu (22/9/2021), menurut Layanan Darurat Negara Bagian Victoria (VICSES News) yang menyampaikan di akun Twitter-nya.

"Gempa berkekuatan (magnitudo) 6 telah terjadi, dengan pusat gempa di dekat Mansfield di Victoria," tweet VICSES News, seperti dilansir CNN pada Rabu (22/9/2021).

Bersama dengan laporan gempanya, VICSES News mengimbau para warga setempat untuk bersabar karena jalur evakuasi mungkin sibuk.

Baca juga: Gempa Bumi Terkini Mengguncang Nabire dengan Kekuatan Magnitudo 5,3, BMKG: Tak Berpotensi Tsunami

Sejumlah video beredar di media sosial menunjukkan bangunan yang mengalami kerusakan ringan dan jaringan listrik terputus di kawasan pusat bisnis Melbourne, kota terbesar kedua di Australia, di mana beberapa orang terlihat berhamburan di jalan-jalan setelah gempa.

Penduduk Melbourne bercerita tentang betapa kagetnya mereka ketika rumah-rumah di seluruh kota mulai berguncang. Melbourne adalah satu kota yang belum pernah mengalami gempa dengan kekuatan magnitudo 6 dalam beberapa dekade.

Sementara ini, belum ada laporan korban cedera dari gempa magnitudo 6. Gempa yang berpusat di Victoria itu begitu kuat sampai terasa di Adelaide, Australia Selatan (jaraknya 800 kilometer), dan Sydney di New South Wales (jaraknya lebih dari 900 kilometer).

"Tidak ada ancaman tsunami," kata VICSES News dalam tweet selanjutnya.

Geoscience Australia mengatakan, ada gempa susulan sekitar magnitudo 4, kurang dari setengah jam. Australia berada di tengah lempeng tektonik dan akibatnya sangat jarang mengalami aktivitas gempa yang serius, tidak seperti negara tetangga Selandia Baru. 

Baca juga: Gempa Terkini Baru Saja Terjadi Mengguncang Kendari dengan Kekuatan Magnitudo 2,7

Menurut Geoscience Australia, gempa bumi terburuk di negara ini pernah terjadi pada 1988 di Northern Territory, yang berkekuatan magnitudo 6,6. Gempa di Melbourne pada Rabu (22/9/2021) terjadi setelah seharian terjadi berbagai protes di sana atas lockdown ketat selama berbulan-bulan, yang telah diberlakukan untuk mencegah penyebaran varian Delta Covid-19.

Demonstran memblokade jalan-jalan utama dan menyalakan suar di tengah bentrokan dengan polisi Melbourne, kekerasan terburuk yang terlihat di kota itu dalam beberapa tahun terkahir ini. Hingga saat ini, Victoria telah mencatat jumlah total 30.224 kasus Covid-19 yang dikonfirmasi, dan lebih dari 830 kematian.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gempa Bermagnitudo 6 Menghantam Melbourne, Australia", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/global/read/2021/09/22/102813170/gempa-bermagnitudo-6-menghantam-melbourne-australia?page=all#page2.
Penulis : Shintaloka Pradita Sicca
Editor : Shintaloka Pradita Sicca


Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved