Breaking News:

Tidak Ada Tilang pada Operasi Patuh Lodaya 2021 di Cirebon, Polisi Utamakan Tindakan Humanis

Kasat Lantas Polresta Cirebon, Kompol M Alan Haikel, memastikan operasi tersebut mengutamakan tindakan preemtif, preventif, dan humanis.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Mumu Mujahidin
Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Kasat Lantas Polresta Cirebon, Kompol M Alan Haikel (kedua kiri), saat mengedukasi warga yang terjaring Operasi Ketupat Lodaya 2021 di simpang empat Pasar Sumber, Kabupaten Cirebon, Selasa (21/9/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Jajaran Satlantas Polresta Cirebon menggelar Operasi Patuh Lodaya 2021 hingga 3 Oktober 2021.

Kasat Lantas Polresta Cirebon, Kompol M Alan Haikel, memastikan operasi tersebut mengutamakan tindakan preemtif, preventif, dan humanis.

Menurut dia, para personel di lapangan bakal lebih banyak menyosialisasikan dan mengimbau masyarakat pentingnya mematuhi protokol kesehatan dan ketertiban berlalu lintas.

"Tidak ada tindakan tilang dalam Operasi Patuh Lodaya 2021," kata M Alan Haikel saat ditemui usai memimpin Operasi Patuh Lodaya 2021 di simpang empat Pasar Sumber, Kabupaten Cirebon, Selasa (21/9/2021).

Kasat Lantas Polresta Cirebon, Kompol M Alan Haikel (kedua kiri), saat mengedukasi warga yang terjaring Operasi Ketupat Lodaya 2021 di simpang empat Pasar Sumber, Kabupaten Cirebon, Selasa (21/9/2021).
Kasat Lantas Polresta Cirebon, Kompol M Alan Haikel (kedua kiri), saat mengedukasi warga yang terjaring Operasi Ketupat Lodaya 2021 di simpang empat Pasar Sumber, Kabupaten Cirebon, Selasa (21/9/2021). (Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi)

Ia mengatakan, petugas hanya menegur dan mengimbau masyarakat yang kedapatan melanggar protokol kesehatan maupun peraturan lalu lintas.

Jajarannya akan meminta para pelanggar tidak mengulangi lagi perbuatannya sehingga mereka selalu mematuhi protokol kesehatan dan peraturan lalu lintas.

Selain itu, teguran dan imbauan tersebut juga dipastikan bakal disampaikan secara humanis agar masyarakat terbangun kesadarannya mematuhi aturan yang berlaku.

Baca juga: Banyak Warga Tak Pakai Helm dan Masker Terjaring Razia Operasi Patuh Lodaya 2021 di Cirebon

Sebab, sasaran operasi patuh kali ini ialah meningkatnya kesadaran warga Kabupaten Cirebon dalam mematuhi protokol kesehatan dan ketertiban berlalu lintas.

"Kalau surat-surat tidak lengkap, tidak pakai masker, tidak pakai helm maupun seat belt hanya diberikan teguran dan edukasi karena merugikan diri sendiri," ujar M Alan Haikel.

Alan menyampaikan, penilangan akan dilakukan saat terjadi pelanggaran yang benar-benar membahayakan keselamatan berlalu lintas dan berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Misalnya, kebut-kebutan di jalan raya, berkendara sambil mabuk atau dalam pengaruh minuman beralkohol, dan lainnya.

"Operasi Patuh Lodaya 2021 akan dilaksanakan rutin setiap hari di wilayah hukum Polresta Cirebon," kata M Alan Haikel.

Baca juga: Gelar Operasi Patuh Lodaya 2021, Polres Kuningan Sasar Juga Warga Tak Taat Protokol Kesehatan

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved