Breaking News:

Garam akan Jadi Komoditas Unggulan Indramayu, Harga Garam di Tingkat Petani Segera Teratasi

Nina Agustina mengatakan, persoalan para petani garam mulai dari sarana prasarana, teknologi, hingga harga jual yang belum stabil pun akan terjawab

Penulis: Handhika Rahman | Editor: Mumu Mujahidin
Istimewa
Market gedung pusat bisnis dan pelatihan garam di Kabupaten Indramayu. Foto istimewa/Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Indramayu 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Sektor garam segera akan menjadi komoditas unggulan di Kabupaten Indramayu.

Hal ini seiring akan dibangunnya pusat bisnis dan pelatihan garam terintegrasi.

Bupati Indramayu, Nina Agustina bahkan menyebut pusat bisnis tersebut adalah yang pertama dan satu-satunya di Indonesia. 

Program ini akan dipusatkan di Kecamatan Krangkeng, Losarang, dan Kecamatan Kandanghaur.

Nina Agustina mengatakan, persoalan para petani garam mulai dari sarana prasarana, teknologi, hingga harga jual yang belum stabil pun secepatnya akan terjawab.

Market gedung pusat bisnis dan pelatihan garam di Kabupaten Indramayu. Foto istimewa/Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Indramayu
Market gedung pusat bisnis dan pelatihan garam di Kabupaten Indramayu. Foto istimewa/Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Indramayu (Istimewa)

Kendala-kendala itu, diketahui dikeluhkan para petani garam demi menunjang kesejahteraan mereka.

Terutama dari segi harga, harga garam ditingkat petani diketahui tidak jarang terjun bebas, harga tersebut bahkan pernah jatuh sampai Rp 250 per kilogram pada awal tahun 2021 kemarin.

"Kita juga akan membangun washing plant atau pabrik pengolahan garam untuk meningkatkan nilai jual dan membantu dalam menjaga stabilitas harga garam," ujar dia, Minggu (19/9/2021).

Pemerintah pun akan memfasilitasi berbagai kebutuhan petani seperti ketersediaan lahan, sumber daya manusia (SDM) petambak, teknologi, hingga infrastruktur. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved