Breaking News:

Monitoring PTM Terbatas, Komisi III DPRD Kota Cirebon Minta Pemkot Tes Swab Acak Pelajar 

Komisi III DPRD Kota Cirebon memonitor pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di SMPN 1 Kota Cirebon dan SDN Kebon Baru IV

Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Komisi III DPRD Kota Cirebon saat monitoring PTM terbatas di SMPN 1 Kota Cirebon, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Jumat (17/9/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Komisi III DPRD Kota Cirebon memonitor pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di SMPN 1 Kota Cirebon dan SDN Kebon Baru IV, Jumat (17/9/2021).

Dalam monitoring itu, para Wakil Rakyat tampak memantau penerapan protokol kesehatan dari mulai alur kedatangan siswa, kegiatan belajar di kelas, hingga para siswa pulang.

Baca juga: Viral Santri Tutup Telinga Saat Diputar Musik, Pimpinan Ponpes Tahfidz: Untuk Jaga Hafalan Al Quran

Ketua Komisi III DPRD Kota Cirebon, dr Tresnawaty, mengatakan, ada dua indikator yang membuat PTM di tengah pandemi Covid-19 dinyatakan berhasil, yakni keberhasilan pendidikan dan kesehatan.

Menurut dia, sekolah dan Satgas Penanganan Covid-19 Kota Cirebon harus menjamin PTM tidak menjadi media penyebaran Covid-19.

Karenanya, pihaknya mendorong Pemkot Cirebon melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon untuk mengevaluasi PTM terbatas.

"Dinkes bisa melakukan uji petik melalui random sampling atau mengambil sampel acak sederhana untuk tes swab siswa secara berkelanjutan setiap satu bulan sekali," kata Tresnawaty saat ditemui usai kegiatan.

Ia mengatakan, Dinkes bisa mengambil sampel beberapa pelajar secara acak untuk menjalani rapid test antigen atau tes swab PCR.

Bahkan, pengetesan tersebut harus dilakukan di seluruh sekolah yang menggelar PTM. Namun, pengambilan sampelnya bisa melihat dari perbandingan seluruh siswa di sekolah.

"Nanti dilihat hasilnya, sekolah mana yang berhasil mencegah penyebaran Covid-19. Hasil uji petik bisa menjadi acuan Pemkot Cirebon dalam mengambil keputusan terkait PTM," ujar Tresnawaty.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved