Breaking News:

Wamendag Sosialisasikan Hasil Perundingan Perdagangan Internasional IE - CEPA di Cirebon

Jerry mendorong para pelaku usaha di wilayah Cirebon dan sekitarnya memanfaatkan kesepakatan perdagangan IE - CEPA.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Wamendag RI, Jerry Sambuaga, saat menyampaikan sambutan dalam sosialisasi hasil perundingan perdagangan internasional IE - CEPA di Ballroom Hotel Patra, Jalan Tuparev, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Kamis (16/9/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga, menyosialisasikan hasil perundingan perdagangan internasional Indonesia EFTA Comprehensive Economic Partnership Agreement (IE - CEPA) kepada sejumlah pelaku usaha di Cirebon, Kamis (16/9/2021).

Kegiatan tersebut berlangsung di Ballroom Hotel Patra, Jalan Tuparev, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon.

Dalam sambutannya, Jerry mendorong para pelaku usaha di wilayah Cirebon dan sekitarnya memanfaatkan kesepakatan perdagangan IE - CEPA.

Sebab, menurut dia, dalam perjanjian itu hampir 8000-an produk asal Indonesia yang diekspor ke Eropa tidak dikenakan bea masuk.

"Post tarif ribuan produk Indonesia yang masuk ke negara EFTA itu gratis atau zero persen, dan ini salah satu contoh konkret manfaat perjanjian tersebut," ujar Jerry Sambuaga saat ditemui usai kegiatan.

Baca juga: Bupati Indramayu Nina Agustina Angkat Bicara Soal Kasus Perdagangan Manusia yang Menimpa Warganya

Ia mengatakan, hal itu memudahkan para pelaku usaha termasuk pelaku UMKM untuk mengekspor produknya ke luar negeri.

Pihaknya juga meyakini perjanjian IE - CEPA dapat meningkatkan ekspor produk asal Indonesia ke Benua Biru, bahkan hingga melampaui pencapaian tahun-tahun sebelumnya.

Kemendag RI juga mencatat total nilai ekspor produk Indonesia selama Januari - Agustud 2021 telah mencapai 19 miliar dolar Amerika Serikat.

"Selama Agustus 2021 nilai ekspor mencapai 4,7 miliar dolar AS, dan ini artinya angka ekspor kita salah satu yang paling signifikan untuk ditingkatkan dan dipertahankan," kata Jerry Sambuaga.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved