Breaking News:

TNI Buka Jalan di Pelosok Desa Buninagara Majalengka Melalui TMMD, Warga Tak Perlu Putar Sejauh 6 KM

pengerjaan fisik jalan di lokasi TMMD dilaksanakan selama satu bulan oleh segenap satgas TMMD gabungan baik TNI/POLRI dan partisipasi warga masyarakat

Penulis: Eki Yulianto | Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com/Eki Yulianto
Potret pembangunan akses jalan di Desa Buninagara, Kecamatan Malausma, Kabupaten Majalengka ke Desa Sindangbarang, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis dari program TMMD Kodim 0617 Majalengka. 

Laporan Wartawan Tribucirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0617 Majalengka ke-112 dilakukan salah satunya dengan pembukaan akses jalan penghubung Desa Buninagara Majalengka dan Desa Sindangbarang di Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis.

Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto mengatakan, pengerjaan sudah dilakukan sejak dua Minggu lalu melibatkan sejumlah prajurit dan warga setempat.

“Pengerjaan fisik pembukaan jalan sepanjang 950 meter selebar 5 meter, drainase panjang 951 meter X tinggi 1,5 meter dan lebar 40 centimeter sedang dilaksanakan. Saat ini telah memasuki hari ke-13. Jika sesuai rencana, pengerjaan akan berakhir pada 15 Oktober 2021 atau selama satu bulan," ujar Dandim Andik kepada media, Rabu (15/9/2021).

Menurut Dandim, pengerjaan fisik jalan di lokasi TMMD dilaksanakan selama satu bulan oleh segenap satgas TMMD gabungan baik TNI/POLRI dan partisipasi warga masyarakat setempat.

Jalur ini nantinya akan membantu mobilitas barang dan manusia di dua desa tersebut.

Baca juga: Program TMMD Kodim 0617/Majalengka Resmi Dibuka, Tentara Akan Bangun Rumah, Musala dan Jalan

Baca juga: Kodim 0617/Majalengka Harap Gelaran TMMD ke-12 Jadi Ajang Sosialisasi Protokol Kesehatan

“Personel satgas gabungan bersama warga masyarakat yang dilandasi dengan semangat kerja sama dan gotong royong sehingga dapat berjalan dengan lancar hingga pelaksanaan akhir nantinya,” ucapnya.

Kepala Desa Buninagara, Asep Sukmawan mengatakan, sebelumnya warga desa setempat harus memutar sejauh  6 km untuk bisa menjangkau Kabupaten Ciamis sebelum akses jalan dibangun melalui TMMD ini.

Warga biasa menuju Kabupaten Ciamis untuk keperluan bekerja dan berdagang hasil pertanian.

"Dulunya tidak ada jalan, namun pada tahun 2020 dibuka pembebasan lahan dan ada jalan setapak. Alhamdulilah, melalui program TMMD Kodim 0617 Majalengka masyarakat sangat terasa manfaatnya," jelas Asep.

Berkat jalan baru yang dikerjakan oleh TNI melalui TMMD juga, Asep menyampaikan, perekonomian masyarakat Desa Buninagara  juga bisa lebih meningkat.

Pasalnya, akselerasi perdagangan akan lebih cepat seiring akses jalan yang ditempuh juga semakin lancar.

"Ya jadi sebelum ada akses ini, masyarakat di kami yang mayoritas sebagai petani juga lebih jauh jual hasil tanamnya. Tapi sekarang cepat dan tidka roda perekonomian makin cepat berputar," katanya.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved